Analisis Kemampuan Spasial Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar
DOI:
https://doi.org/10.33654/math.v11i1.76Keywords:
bangun ruang sisi datar, gaya belajar, geometri, kemampuan spasialAbstract
Salah satu kemampuan penting dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan spasial. Melalui kemampuan ini, siswa dapat memvisualisasikan berbagai objek secara tepat sehingga proses pembelajaran geometri menjadi lebih efektif. Siswa dengan gaya belajar yang berbeda cenderung memiliki tingkat kemampuan spasial yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan spasial siswa pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan gaya belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk studi kasus, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A UPT SMP Negeri 10 Gresik yang terdiri dari satu siswa dengan gaya belajar visual, satu siswa dengan gaya belajar auditorial, dan satu siswa dengan gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data meliputi angket gaya belajar, tes kemampuan spasial, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial memenuhi ketiga komponen kemampuan spasial yaitu visualisasi spasial, orientasi spasial, dan relasi spasial. Sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik hanya memenuhi dua komponen kemampuan spasial yaitu visualisasi spasial dan relasi spasial. Temuan ini menunjukkan pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa untuk mengoptimalkan kemampuan spasial.
Downloads
References
Alfaruqi, A. I., & Lutfianto, M. (2016). Perbandingan Kemampuan Spasial Siswa SMA Pada Materi Geometri Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 1, 13–17.
Ali, N. N., & Ni’mah, K. (2023). Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi. 4(2), 267–274.
Azhar, W. S., & Senjayawati, E. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Geometri Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 185–192.
Azustiani, H. (2017). Kemampuan Spasial Siswa SMP Kelas VII ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Di SMPN 1 Semen. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01(1), 11.
Bulu, V. R. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Diferensiasi terhadap Hasil Belajar Matematika. HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(2), 70–75. https://doi.org/10.37792/hinef.v2i2.1011
Chintia, M., Amelia, R., & Fitriani, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. 4(2), 579–585. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.579-586
Cholifah, T. N. (2018). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 65–74. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.273
Damayanti, A., Yudianto, E., Sugiarti, T., & Yudiyati, Y. (2021). Etnomatematika pada Riasan dan Atribut Bagian Kepala Paes Ageng sebagai Paket Tes Siswa. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 178. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24330
Danisman, S., & Erginer, E. (2017). The predictive power of fifth graders’ learning styles on their mathematical reasoning and spatial ability. Cogent Education, 4(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2016.1266830
Ma’rifatin, S., Amin, S. M., & Siswono, T. Y. E. (2019). Students’ Mathematical Ability and Spatial Reasoning in Solving Geometric Problem. Journal of Physics: Conference Series, 1157, 42–62. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042062
Mufidah, Q. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Daring Pasca Pandemi. 1–208.
Nindi, M., Agustin, Rafaely, Subarinah, S., Soeprianto, H., & Arjudin. (2023). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Gaya Belajar Di Kelas VIII SMPN 6 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Pendas, 09(01), 1380–1392.
Ningsih, I. P., Budiarto, M. T., & Khabibah, S. (2021). Literasi Spasial Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1531. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3650
Nubailah, & Nisa, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Menggunakan Program Construct 2 Untuk Siswa SMP. KOGNITIF, 4(1), 612–621.
OECD. (2023). PISA 2022. Dalam Perfiles Educativos (Vol. 1, Nomor 183). https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714
Pratiwi, T. O., & Budiman, I. (2024). Analisis Kemampuan Spasial Siswa pada Materi Bangun Ruang Balok dan Kubus ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Didactical Mathematics, 6(2), 131–140.
Putri, R. O. E., & Feriyanto. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Berbasis Science Technology Engineering And Mathematics (STEM) Untuk Mendukung Kemampuan Spasial. 9(4), 1205–1212.
Putri, R. O. E., & Imanah, U. N. (2018). Studi Tentang Kemampuan Spasial Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Mojokerto. Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 135–141.
Retno, R. S., Marlina, D., & Setiyani, R. (2019). Analisis Gaya Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V di SDN 1 Nglurup Kabupaten Ponorogo. 336–342.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Sahara, R. I. A., & Nurfauziah, P. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 911–920. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.911-920
Sholihah, N. B., & Nisa, R. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berdiferensiasi dengan Model STAD pada Materi Bangun Ruang Kelas VII.
Siyam, I. N., Wiryanto, & Rahaju, E. B. (2024). Tinjauan Literatur Sistematis: Kemampuan Spasial Matematis dalam Pengembangan Pemahaman Matematika di Sekolah Dasar. 09.
Wijayanti, I. D., Hariastuti, R. M., Yusuf, F. I., & Pgri Banyuwangi, U. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Desember, 2(1), 68–76.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Alfianti, Ika Victoria Nalurita (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.