Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Matematika Realistik untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Fase D

Authors

  • Anjela Putriani Simatupang Universitas Riau Author
  • Armis Armis Universitas Riau Author
  • Putri Yuanita Universitas Riau Author

DOI:

https://doi.org/10.33654/d9gwp826

Keywords:

bahan ajar, kemampuan pemahaman matematis, pendekatan matematika realistik

Abstract

Maksud pelaksanaan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar SPLDV dengan menerapkan pendekatan matematika realistik untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis siswa fase D yang mencapai syarat validitas dan praktikalitas. Alur pengembangan berpedoman terhadap model 4D, yang mencakup tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Untuk menilai kevalidan bahan ajar, dilakukan proses validasi dengan melibatkan tiga orang ahli. Sementara itu, data praktikalitas bahan ajar didapat melalui pengujian siswa kelas VIII fase D. Hasil validasi bahan ajar yang diperoleh yakni sangat valid dengan perolehan rerata 88,64%. Sementara itu, hasil praktikalitas pada uji coba small group adalah "sangat praktis" dengan rerata 89,49%. Sedangkan pada kepraktisan dalam skala besar, hasilnya adalah "sangat praktis" dengan rerata 88,01%. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa pengaplikasian pendekatan matematika realistik pada bahan ajar konten SPLDV sangat efektif, karena dapat memfasilitasi KPM siswa. Dengan demikian, bahan ajar ini terbukti valid dan praktis, dan dapat mendorong pengembangan KPM siswa fase D.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Anjela Putriani Simatupang, Universitas Riau

    Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru Pekanbaru 28293 – Indonesia

  • Armis Armis, Universitas Riau

    Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru Pekanbaru 28293 – Indonesia

  • Putri Yuanita, Universitas Riau

    Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru Pekanbaru 28293 – Indonesia

Published

2024-08-30

How to Cite

Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Matematika Realistik untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Fase D. (2024). Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 208-218. https://doi.org/10.33654/d9gwp826

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.