Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Matematika Realistik untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Fase D
DOI:
https://doi.org/10.33654/d9gwp826Keywords:
bahan ajar, kemampuan pemahaman matematis, pendekatan matematika realistikAbstract
Maksud pelaksanaan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar SPLDV dengan menerapkan pendekatan matematika realistik untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis siswa fase D yang mencapai syarat validitas dan praktikalitas. Alur pengembangan berpedoman terhadap model 4D, yang mencakup tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Untuk menilai kevalidan bahan ajar, dilakukan proses validasi dengan melibatkan tiga orang ahli. Sementara itu, data praktikalitas bahan ajar didapat melalui pengujian siswa kelas VIII fase D. Hasil validasi bahan ajar yang diperoleh yakni sangat valid dengan perolehan rerata 88,64%. Sementara itu, hasil praktikalitas pada uji coba small group adalah "sangat praktis" dengan rerata 89,49%. Sedangkan pada kepraktisan dalam skala besar, hasilnya adalah "sangat praktis" dengan rerata 88,01%. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa pengaplikasian pendekatan matematika realistik pada bahan ajar konten SPLDV sangat efektif, karena dapat memfasilitasi KPM siswa. Dengan demikian, bahan ajar ini terbukti valid dan praktis, dan dapat mendorong pengembangan KPM siswa fase D.
Downloads

Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.