Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Video Pembelajaran Model PBL Siswa Kelas X BDG SMK Muhammadiyah 4 Kalisat
DOI:
https://doi.org/10.33654/math.v11i1.74Keywords:
PBL, hasil belajar, media video pembelajaranAbstract
Rendahnya pencapaian belajar matematika siswa kelas X BDG SMK Muhammadiyah 4 Kalisat menjadi latar belakang penelitian ini. Kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran menuntut adanya inovasi yang lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan media video yang didukung model Problem Based Learning (PBL). Video pembelajaran dipilih karena mampu menyajikan materi secara visual, sedangkan PBL mendorong siswa berpikir kritis melalui pemecahan masalah kontekstual. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena sesuai untuk memperbaiki praktik pembelajaran secara langsung dan berkelanjutan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada pencapaian belajar siswa, dari 70,97% pada siklus pertama menjadi 90,33% pada siklus kedua. Selain itu, keterlibatan dan antusiasme siswa selama proses pembelajaran juga meningkat. Dengan demikian, penerapan video pembelajaran berbasis PBL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan partisipasi aktif siswa.
Downloads
References
Albo, L., Hernandez-Leo, D., & Moreno, O. V. (2019). Smartphones or Laptops in the Collaborative Classroom? A Study of Video-Based Learning in Higher Education. Behaviour & Information Technology, 38(6), 637-649. https://doi.org/10.1080/0144929X.2018.1549596
Ariyanto, M. P., Purwaningrum, J. P., & Sumaji, S. (2024). Implementasi Model Problem-Based Learning Berbantuan Media SWOTE-MATH Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 11–20. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1171
Erliyana, S., & Gregoria, A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap Poncol. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM), 9(2), 31-48.
Fitriana, D., Lucy, A. P., & Maria, L. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 83–88. https://doi.org/10.24176/anargya.v7i2.13454
Hardani., Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kulitatif & Kuantitatif. Daerah Istimewa Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.
Hasanah, R., Anam, F., & Suharti, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Vii B Smpn 13 Surabaya. JMER : Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 1–7.
Istiqomah, I., Maulidiya, D., & Siagian, T. A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 374–383. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.374-383
Kamaruddin, I. (2023). Analyzing the Impact of Physical Education on Character Development in Elementary School Students Analisis Pengaruh Pendidikan Jasmani Terhadap Pembangunan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal At-Ta’dib, 1(2), 10–17. https://doi.org/10.21111/attadib.v18i1.9749
Luthfiana, M., Yuliansyah, Y., & Fauziah, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IPA MA Negeri 1 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(1), 33–41. https://doi.org/10.31539/judika.v1i1.184
Mafida, V. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Prasyarat (Prerequesite Knowledge) Siswa. Institut Agama Islam Negeri Kediri. https://etheses.iainkediri.ac.id/5680/
Maharani, N. N., Hikmawati, H., Susilawati, S., & Gunada, I. W. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media PhET Simulation Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 539–545. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1983
Moslimah. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaram Problem Based Learning dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Edukatif, 9(2), 106–115. https://doi.org/10.37567/jie.v9i2.2509
Nalurita, I. V., & Junaedi, L. A. (2019). Pengembangan Model Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika Dasar Berbasis Konstruktivisme. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(3), 305-317. https://doi.org/10.33654/math.v5i3.730
Nanda, I., Sayfullah , H., Pohan, R., Windariyah, D. S., Fakhrurrazi., Khermarinah., & Mulasi, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Inspiratif. In CV Adanu Abimata
Pratama, D., Kadek, I., Lanang, G., Parwata, A., & Suwiwa, I. G. (2021). Media Pembelajaran Teknik Dasar Passing Bolavoli Berbasis Video Tutorial. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 263–269. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index
Rahmawati, A., & Hanifah, H. (2021). Penerapan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 251–255. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.251-255
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Penelitian, Mahasiswa, dan Psikometrian). Daerah Istimewa Yogyakarta: Parama Publishing.
Rosida, E. N., Kurniati, L., & Kusumawati, R. (2019). Analisis Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Pemanfaatan Teknologi Digital Siswa. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 33-39. https://doi.org/10.21580/square.v1i1.4089
Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163-177. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sukmawati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Wonorejo 01. Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia, 2(2), 49–59. https://doi.org/10.59784/glosains.v2i2.21
Syakur, A. S., Purnamasari, R., & Kurnia, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 84–89. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v13i2.4504
Talib, C. A. ., Zawadzki, R., Baharuddin, N. S., Thoe, N. K., Aliyu, H., & Ali, M. (2018). Video-Based Learning in Chemistry Education: Exemplars, Issues and Challenges. Learning Science and Mathematics Journal, 12(12), 35–51.
Tristanti, L. B., Ernawati, W., & Hidayati, W. S. (2021). Penerapan Video Media Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Bulat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 413–424. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.673
Utami, R., Devi, F. A., Sindhi, N., Cintya, A. W., Khabibun, N., & F. S. H. (2024). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematik. Didaktik:Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(1), 688-694.
Yuliani, Y., Destiniar, D., & Jayanti, J. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. AsMathRdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika, dan Matematika Terapan, 10(1), 45-52.
Yulianto, A., Sisworo., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 403–414. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.731

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lisa Mahmudhatur Rohmah, S.Si., Rohmad Wahid Romdani, M.Si, Binar Lazuardi, S.Pd. (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.