Pengembangan Dakoma Tersenyum: Media Belajar Bilangan Cacah dan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Bagi Siswa SD di Kota Susu
DOI:
https://doi.org/10.33654/Keywords:
pengembangan media belajar, bilangan cacah, dakoma tersenyum, etnomatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Dakoma Tersenyum yang dapat digunakan sebagai media belajar bilangan cacah dan pengenalan bentuk bangun datar pada Fase A, sambil mengenal budaya Kabupaten Boyolali. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, tes, dan angket. Media Dakoma Tersenyum divalidasi oleh dosen Pendidikan Matematika dan guru SD di Boyolali dan dinyatakan sangat valid dengan persentase 96% (sangat valid) dari angket kevalidan dan sangat praktis dengan persentase 92% (sangat praktis) dari angket kepraktisan. Media ini telah diujicobakan pada salah satu SD negeri dengan akreditasi sangat baik yang berada di salah satu desa di wilayah Kabupaten Boyolali, berdasarkan hasil uji Wilcoxon pada taraf signifikan dapat disimpulkan bahwa Dakoma Tersenyum efektif untuk meningkatkan hasil belajar bilangan cacah dan bangun datar siswa. Hasil ini diharapkan dapat menginspirasi munculnya media yang dapat memfasilitasi siswa belajar matematika dengan mengangkat budaya lokal permainan tradisional dakon dengan pengenalan budaya wilayah siswa, agar siswa semakin bangga dan mencintai budaya yang dimilikinya.
Downloads
References
Achilla, S. (2024). Inovasi Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Etnomatematika pada Motif Kain Troso sebagai Project Kearifan Lokal. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 517–523. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Achru, A. P. (2019). Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, 3(2), 205–215.
Akmalia, R., Situmorang, M. S., Anggraini, A., Rafsanjani, A., Tanjung, A., & Hasibuan, E. E. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Budaya dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Swasta Pahlawan Nasional. Jurnal Basicedu, 7(6), 3878–3885. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6373
Alwasi, F. T., Saputri, S., Nurohmah, W., & Komariah, K. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Bangun Datar untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa Kelas 1 pada Materi Menyusun dan Mengurai Bangun Datar. TADZKIRAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 50–61.
Anggraini, L. N., Isrokatun, I., & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan Modul Matematika Grubi untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah pada Siswa Kelas 2 SD. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 157–172. https://doi.org/10.33654/math.v9i1.2132
Anggriani, F., Sumule, I. W., Narpaduhita, D., Chasanah, A. M., Yuliantina, I., Mursitolaksmi, L. R., Maisura, R., & Anggraeni, A. (2024). Panduan Capaian Pembelajaran Fase Fondasi. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Fauzi, A., & Setiawan, H. (2020). Etnomatematika: Konsep Geometri pada Kerajinan Tradisional Sasak dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 118–128.
Irawan, A., Nuzulah, R., & Rahayu, W. (2023). Penggunaan Unsur Etnomatematika Permainan Tradisional Sunda sebagai Media Pembelajaran Matematika. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 46–56. https://doi.org/10.26594/jmpm.v8i1.2481
Kangjeng, D., Hanifa, S. I., Mawaddah, N. M., Fitri, D. H., & Aprilia, F. R. (2024). Pengaruh Number Sense terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 369–376.
Kinesti, R. D. A., Taqiya, N., Nurfiani, S., Pionika, R. V., Praharsini, A., & Makrufah, L. (2021). Melestarikan Kesenian Tradisional melalui Permainan Tradisional Dakon untuk Meningkatkan Karakter Anak MI/SD. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 288–299. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Kulsum, U., & Windasari, I. W. (2024). Meningkatkan Konsep Mengenal Bilangan Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Permainan Tradisional Dakon di PAUD Al-Firdaus Kabupaten Probolinggo. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 62–75.
Marsigit, M., Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2018). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 20–38.
Melisari, M., Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Matematika Sekolah Dasar pada Materi Bangun Datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(1), 172–182.
Mulyani, D., Cahyati, N., & Rahma, A. (2020). Pengembangan Media Permainan Dakon untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 161–173. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal
Nisa, A. I., Ardiansyah, A. S., Azzahro, D. F., & Meilanda, R. G. (2023). Inovasi Bahan Ajar Bangun Datar Bernuansa Etnomatematika pada Museum Gusjigang Kudus. Prosiding Santika: Seminar Nasional Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 85–104.
Nurjanah, U., & Hakim, D. L. (2019). Number Sense Siswa pada Materi Bilangan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 1174–1182.
Nuryami, N., & Apriosa, K. D. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Batik Probolinggo sebagai Sumber Belajar Matematika Sekolah. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(1), 177–190. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.20628
Putro, P. C., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Komik Petualangan Zahlen Sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 131–142. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Rafiah, H., Agustina, R. L., Arifin, J., & Kasmilawati, I. (2023). Pembelajaran Berbasis Etnomatematika di Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Paedagogia: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 103–109. https://doi.org/10.31764
Rizqiyati, I., Wardani, A., & Fadholi, Z. Ri. (2023). Penelitian Teori Perkembangan Piaget Tahap Operasional Konkret pada Usia 11-12 Tahun Terhadap Hukum Kekekalan Volume. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 634–638. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Sari, A. K., Sagala, A. A., & Simanjuntak, G. C. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Materi Bangun Geometri dan Sifat-sifatnya. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif, 5(6), 99–104.
Susilowati, T. (2015). Kemampuan Number Sense Melalui Metode Learning by Playing. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 324–335.
Zahro, I. P., Anika, R. R., & Ermawati, D. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas I dalam Mengurutkan Bilangan Melalui Media Bola Bilangan. Pentagon: Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 66–80. https://journal.arimsi.or.id/index.php/Pentagon/

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fasilla Manggarrani, Erlina Prihatnani, Danang Setyadi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.