Efektivitas Penggunaan Video Tutorial Pembelajaran Matematika Terhadap Disposisi Matematis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Utara
DOI:
https://doi.org/10.33654/pffygt19Keywords:
minat belajar, hasil belajar, video tutorialAbstract
Dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Utara akan dievaluasi disposisi matematis dan hasil belajarnya terkait dengan penggunaan Video Tutorial Pembelajaran Matematika. Desain pretest-posttest satu kelompok menjadi ciri khas jenis studi pra-eksperimental ini. Data dikumpulkan melalui survei minat dan penilaian tujuan pembelajaran. Untuk menganalisis data yang dikumpulkan, statistik deskriptif dan inferensial digunakan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa minat belajar matematika siswa berada pada rentang sedang baik sebelum maupun sesudah memanfaatkan video pembelajaran, dengan peningkatan ternormalisasi termasuk dalam kelompok rendah. Peningkatan tersebut termasuk dalam kelompok sedang setelah normalisasi. Hasil belajar siswa berada pada kisaran yang sangat rendah sebelum adanya penggunaan film pembelajaran. Hasil pembelajaran setelah memanfaatkan video pembelajaran berada pada kisaran menengah. ”Hasil analisis inferensial (uji t berpasangan) menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata derajat minat siswa sebelum dan sesudah memanfaatkan sumber video pembelajaran”.
Downloads

Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.