Pengembangan Media Puzzle Bangun Datar sebagai Alternatif Pembelajaran Geometri di Sekolah Dasar

Authors

  • Yessika Prameilani Universitas Kristen Satya Wacana Author
  • Erlina Prihatnani Universitas Kristen Satya Wacana Author
  • Danang Setyadi Universitas Kristen Satya Wacana Author

DOI:

https://doi.org/10.33654/math.v11i2.160

Keywords:

pengembangan media pembelajaran, bangun datar, puzzle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Puzzle Bangun Datar yang valid, praktis, dan efektif sebagai media pembelajaran bagi siswa sekolah dasar pada Fase B. Serta membantu siswa sekolah dasar dalam memahami bentuk abstrak bangun datar untuk disajikan dengan konsep benda konkret. Media Puzzle Bangun Datar dibuat untuk memotivasi siswa agar giat belajar khususnya pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R & D) menggunakan model pengembangan ADDIE melalui lima tahapan yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek siswa kelas IV dari SD Negeri 3 Banyumanis dengan jumlah 24 siswa. Sedangkan, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan kuesioner. Media Puzzle Bangun Datar divalidasi oleh validator dari Dosen Pendidikan Matematika FKIP UKSW dan guru SD Negeri 3 Banyumanis. Telah disebutkan bahwa media Puzzle Bangun Datar divalidasi oleh validator dengan persentase 86% dan hasilnya sangat valid. Sedangkan untuk kepraktisan, berdasarkan hasil angket terhadap media puzzle bangun datar dengan persentase 93% diperoleh hasil sangat praktis. Kemudian, hasil tes keefektifan menunjukkan nilai signifikan 0,000 kurang dari 0,05 yang berarti media puzzle bangun datar sangat efektif sebagai media pembelajaran bagi siswa dalam materi bangun datar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Erlina Prihatnani, Universitas Kristen Satya Wacana

    Jl. Diponegoro No. 52-60, Salatiga, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga

  • Danang Setyadi, Universitas Kristen Satya Wacana

    Jl. Diponegoro No. 52-60, Salatiga, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga

References

Ariyana, I. K. S. (2021). Representasi Matematis sebagai Alat untuk Pemahaman matematika yang Lebih Mendalam bagi Siswa Sekolah Dasar. WIDYACARYA: Jurnal Pendidikan, Agama, dan Budaya, 5(1), 55–64.

Assakhiy, H. P., Pratiwi, D. N., & Ermawati, D. (2024). Penerapan Media Puzzle untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV pada Materi Bangun Datar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 11(2), 43–54.

Azmi, S., Soepriyanto, H., Arjudin, A., Wulandari, N. P., & Salsabila, N. H. (2024). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Kreatif Berbasis Lingkungan pada Pembelajaran Materi Bilangan Bagi Guru-Guru SD Gugus IV Kecamatan Sekarbela. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 192–204.

Indrawati, D. (2019). Pengembangan Media Puzzle Motif Nusantara (Montara) dalam Pembelajaran Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(5). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/28965

Mailani, E., Rarastika, N., Manurung, H. O., Gaol, R. L., Sihombing, I. I., & Perbina, S. D. (2024). Analisis Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar dalam Konsep Luas dan Keliling Persegi serta Persegi Panjang. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 2(2), 749–755.

Mandasari, N. K., Apriyanda, A., Nasution, S. H., Elly, H. R., Mailani, E., & Ketaren, M. A. (2024). Peningkatan Efektifitas dan Pemahaman Geometri Melalui Media Konkrit Berbasis Realita pada Siswa Sekolah Dasar. AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation, 1(2), 752–758.

Masita, M., Nurhasanah, N., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2363–2370.

Nurwahyuningsih, S. (2024). Pengembangan Media Puzzle Bangun Datar bagi Pembelajaran Geometri Kelas III Sekolah Dasar [PhD Thesis, Universitas PGRI Semarang]. http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5216/1/SRI%20NURWAHYUNINGSIH.pdf

Rohman, T., & Sahar, R. N. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang di Kelas VI MI Persis Gandok Kota Tasikmalaya. Asatidzuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 55–64.

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48.

Sukmawati, N. F., Marzuki, I., & Sari, A. D. I. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dalam Mengatasi Miskonsepsi Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(1), 589–610.

Published

2025-07-12

How to Cite

Pengembangan Media Puzzle Bangun Datar sebagai Alternatif Pembelajaran Geometri di Sekolah Dasar. (2025). Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 105-116. https://doi.org/10.33654/math.v11i2.160

Similar Articles

1-10 of 20

You may also start an advanced similarity search for this article.