Peningkatan Keterampilan Kinerja (Performance) Matematis Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik di SMP Negeri 1 Bilah Hulu
DOI:
https://doi.org/10.33654/2zqy8m53Keywords:
pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), keterampilan kinerja matematis, eksperimen semuAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) mempengaruhi kemajuan siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Bilah Hulu ditinjau dari peningkatan kemampuan kinerja matematis. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest yang merupakan eksperimen semu. metode yang digunakan, dengan sampel 32 siswa yang dipilih secara sengaja. Rata-rata skor posttest (76) melebihi rata-rata skor pretest (69), menurut data. Perbedaan antara skor pretest dan posttest signifikan pada tingkat kepercayaan 95%, menurut analisis statistik menggunakan uji t, menunjukkan bahwa PMR mempunyai dampak besar pada peningkatan keterampilan kinerja matematika siswa. Uji regresi sederhana juga mengonfirmasi kontribusi signifikan PMR terhadap peningkatan tersebut. Dengan demikian, disimpulkan bahwa PMR efektif dalam meningkatkan keterampilan kinerja matematis siswa, membuat pembelajaran lebih relevan dan menarik. Oleh karena itu, penerapan PMR disarankan untuk diperluas dalam pembelajaran matematika di sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan keterampilan analitis siswa.
Downloads

Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.