Pengaruh Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiah Nurul Falah Melalui Penerapan Permainan Tradisional Sunda Manda
DOI:
https://doi.org/10.33654/83h01914Keywords:
matematika, pemahaman konsep, permainan tradisional Sunda MandaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiah Nurul Falah melalui permainan tradisional Sunda Manda. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental dengan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Populasi penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah siswa 32. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah sebanyak 32. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa uji instrumen, uji prasyarat dengan uji Shapiro-Wilk serta uji hipotesis berupa uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretest sebesar 61,72 dan posttest sebesar 87,50. Hasil dari prasyarat berupa uji normalitas jenis Shapiro-Wilk pretest sebesar 0,174 dan posttest sebesar 0,053 sehingga dinyatakan berdistribusi normal karena hasil pretest dan posttest > 0,05. Uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan hasil signifikansi (2-tailed) adalah sebesar 0,000 dari hasil tersebut dapat disimpulkan permainan tradisional Sunda Manda dinyatakan sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya dalam pemahaman konsep bangun datar di Madrasah Ibtidaiah Nurul Falah.
Downloads

Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.