Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Bivariat bagi Siswa Kelas XI-6 SMA N 3 Salatiga melalui Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (Model POGIL)
DOI:
https://doi.org/10.33654/math.v11i2.166Keywords:
inquiry, model POGIL, pemecahan masalah, statistika bivariatAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam materi Statistika Bivariat melalui penerapan Model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-6 SMA Negeri 3 Salatiga semester genap tahun ajaran 2024/2025, yang berjumlah 33 siswa (17 laki-laki dan 16 perempuan). Data dikumpulkan melalui observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan pemecahan masalah, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Indikator keberhasilan ditetapkan jika minimal 80% siswa mencapai kategori kemampuan sedang hingga tinggi, serta terdapat peningkatan rata-rata skor pada setiap siklus. Hasil menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus, 75,76% siswa telah mencapai kriteria ketuntasan, meningkat menjadi 90,9% pada siklus I, dan 96,96% pada siklus II. Selain itu, hasil analisis lebih lanjut menunjukkan adanya peningkatan rata-rata yang konsisten pada skor di setiap siklus. Sehingga, dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah Statistika Bivariat pada siswa kelas XI-6 SMA N 3 Salatiga dapat meningkat setelah diterapkan Model POGIL.
Downloads
References
Aprisda, P., & Cahya, E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA melalui Model POGIL yang dimodifikasi. Edusentris:Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 6(1), 33–44.
de Gale, S., & Boisselle, L. N. (2015). The Effect of POGIL on Academic Performance and Academic Confidence. Dalam Science Education International (Vol. 26).
Estiningrum, T., Hidayati, D. W., & Wahyuni, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Implementasi POGIL ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 3(2), 69–75.
Farda, H., & Sugiarto, S. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran POGIL Bernuansa Etnomatematika Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 223–230. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i2.15812
Güner, P., & Erbay, H. N. (2021). Prospective mathematics teachers’ thinking styles and problem-solving skills. Thinking Skills and Creativity, 40. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100827
Hanson, D. M. (2006). Instructor’s guide to process-oriented guided-inquiry learning (D. Bunce, F. Creegan, R. Moog, L. Padwa, J. Spencer, A. Starumanis, & T. Wolfskill, Ed.). Department of Chemistry Stony Brook University-SUNY. https://www.researchgate.net/profile/Courtenay-Dunn-Lewis/post/Does_anyone_have_experience_with_forming_groups_in_Higher_Education/attachment/59d62b68c49f478072e9d7c7/AS%3A273532863352832%401442226724198/download/pogil-instructor-s-guide-1.original.pdf
Isrokatun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati, Ed.). Bumi Aksara.
Kemmis, S., Mc Taggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer.
Kyriakides, L., Christoforou, C., & Charalambous, C. Y. (2013). What matters for student learning outcomes: A meta-analysis ofstudies exploring factors of effective teaching. Teaching and Teacher Education, 36, 143–152. https://doi.org/10.1016/j.tate.2013.07.010
Lee, B., & Lee, Y. (2020). A study examining the effects of a training program focused on problem-solving skills for young adults. Thinking Skills and Creativity, 37. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100692
Lestari, N. F., Supriadi, N., & Andriani, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) melalui Pendekatan Problem Based Learning (PBL). Nabla Dewantara, 4(1), 11–20. https://doi.org/10.51517/nd.v4i1.99
Liljedahl, P., Santos-Trigo, M., Malaspina, U., & Bruder, R. (2016). Problem Solving in Mathematics Education. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-40730-2
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Melawati, O., Evendi, E., Halim, A., Yusrizal, Y., & Elisa, E. (2022). Influence of the Use of Student Worksheet Problem-Based to Increase Problem Solving Skills and Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 346–355. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.1205
Moog, R. S., Creegan, F., Hanson, D. M., Spencer, J. N., & Straumanis, A. R. (2006). Process-Oriented Guided Inquiry learning: POGil and the POGil Project. Metropolitan Universities Journal, 17, 41–51. https://journals.iupui.edu/index.php/muj/article/view/20287
Moog, R. S., & Spencer, J. N. (2008). POGIL: An Overview. Dalam Franklin & Marshall College (Ed.), Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) (hlm. 1–13). American Chemical Society. https://pubs.acs.org/sharingguidelines
Muhammad, M., & Purwanto, J. (2020). The effect of Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) on mathematical problem solving abilities. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012171
Santi, V. M., Rafli, M., Hashifah, Z., Rahayu, W., Handayani, D., Arafiyah, R., Sumargo, B., Murdiyanto, T., Rohmah Rohimah, S., Siregar, D., & Ladayya, F. (2025). B A K T I : Efektifitas Pelatihan Materi Statistika Dasar bagi Guru SMA untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Effectiveness of Basic Statistics Training for High School Teachers to Improve Learners’ Competencies. BAKTI: J. Peng. kpd Mas. |, 5(1), 2025. https://doi.org/10.51135/baktivol5iss1pp70-77
Polya, G. (1957). How to Solve It (J. H. Conway, Ed.; 2 ed.). Princeton University Press.
Ramda, A. H., Gunur, B., Makur, A. P., Men, F. E., Studi, P., Matematika, P., Santu, K., & Ruteng, P. (2020). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Matematis Ditinjau dari Sikap Matematis dan Gender di Ruteng.
Sari, N., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2021). Model Pembelajaran POGIL dengan Strategi Quick on The Draw dan Minat Belajar: Dampaknya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 39–50. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.10282
Sari, N. P. S. K., Astawa, I. W. P., & Suparta, I. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning berbantuan Modul untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 3 Banjar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 10(2), 71–79.
Suciati, I., Fabrika Pasandaran, R., & Hajerina, H. (2021). Hubungan Kemampuan Matematis Peserta Didik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: A Systematic Literature Review. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 56–70.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Antonius Hestu Aji Prayoga, Dr. Kriswandani, S.Si., M.Pd, Anna Royyana Nikmah, S.Pd. (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.