Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Bivariat bagi Siswa Kelas XI-6 SMA N 3 Salatiga melalui Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (Model POGIL)

Authors

  • Antonius Hestu Aji Prayoga Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga Author
  • Kriswandani Kriswandani Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga Author
  • Anna Royyana Nikmah SMA Negeri 3 Salatiga Author

DOI:

https://doi.org/10.33654/math.v11i2.166

Keywords:

inquiry, model POGIL, pemecahan masalah, statistika bivariat

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam materi Statistika Bivariat melalui penerapan Model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-6 SMA Negeri 3 Salatiga semester genap tahun ajaran 2024/2025, yang berjumlah 33 siswa (17 laki-laki dan 16 perempuan). Data dikumpulkan melalui observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan pemecahan masalah, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Indikator keberhasilan ditetapkan jika minimal 80% siswa mencapai kategori kemampuan sedang hingga tinggi, serta terdapat peningkatan rata-rata skor pada setiap siklus. Hasil menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus, 75,76% siswa telah mencapai kriteria ketuntasan, meningkat menjadi 90,9% pada siklus I, dan 96,96% pada siklus II. Selain itu, hasil analisis lebih lanjut menunjukkan adanya peningkatan rata-rata yang konsisten pada skor di setiap siklus. Sehingga, dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah Statistika Bivariat pada siswa kelas XI-6  SMA N 3 Salatiga dapat meningkat setelah diterapkan Model POGIL.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Antonius Hestu Aji Prayoga, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

    Jl. Diponegoro No. 52-60, Salatiga, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga

  • Kriswandani Kriswandani, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

    Jl. Diponegoro No. 52-60, Salatiga, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga

  • Anna Royyana Nikmah, SMA Negeri 3 Salatiga

    Jl. Kartini No.34, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50711

References

Aprisda, P., & Cahya, E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA melalui Model POGIL yang dimodifikasi. Edusentris:Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 6(1), 33–44.

de Gale, S., & Boisselle, L. N. (2015). The Effect of POGIL on Academic Performance and Academic Confidence. Dalam Science Education International (Vol. 26).

Estiningrum, T., Hidayati, D. W., & Wahyuni, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Implementasi POGIL ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 3(2), 69–75.

Farda, H., & Sugiarto, S. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran POGIL Bernuansa Etnomatematika Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 223–230. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i2.15812

Güner, P., & Erbay, H. N. (2021). Prospective mathematics teachers’ thinking styles and problem-solving skills. Thinking Skills and Creativity, 40. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100827

Hanson, D. M. (2006). Instructor’s guide to process-oriented guided-inquiry learning (D. Bunce, F. Creegan, R. Moog, L. Padwa, J. Spencer, A. Starumanis, & T. Wolfskill, Ed.). Department of Chemistry Stony Brook University-SUNY. https://www.researchgate.net/profile/Courtenay-Dunn-Lewis/post/Does_anyone_have_experience_with_forming_groups_in_Higher_Education/attachment/59d62b68c49f478072e9d7c7/AS%3A273532863352832%401442226724198/download/pogil-instructor-s-guide-1.original.pdf

Isrokatun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati, Ed.). Bumi Aksara.

Kemmis, S., Mc Taggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer.

Kyriakides, L., Christoforou, C., & Charalambous, C. Y. (2013). What matters for student learning outcomes: A meta-analysis ofstudies exploring factors of effective teaching. Teaching and Teacher Education, 36, 143–152. https://doi.org/10.1016/j.tate.2013.07.010

Lee, B., & Lee, Y. (2020). A study examining the effects of a training program focused on problem-solving skills for young adults. Thinking Skills and Creativity, 37. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100692

Lestari, N. F., Supriadi, N., & Andriani, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) melalui Pendekatan Problem Based Learning (PBL). Nabla Dewantara, 4(1), 11–20. https://doi.org/10.51517/nd.v4i1.99

Liljedahl, P., Santos-Trigo, M., Malaspina, U., & Bruder, R. (2016). Problem Solving in Mathematics Education. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-40730-2

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Melawati, O., Evendi, E., Halim, A., Yusrizal, Y., & Elisa, E. (2022). Influence of the Use of Student Worksheet Problem-Based to Increase Problem Solving Skills and Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 346–355. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.1205

Moog, R. S., Creegan, F., Hanson, D. M., Spencer, J. N., & Straumanis, A. R. (2006). Process-Oriented Guided Inquiry learning: POGil and the POGil Project. Metropolitan Universities Journal, 17, 41–51. https://journals.iupui.edu/index.php/muj/article/view/20287

Moog, R. S., & Spencer, J. N. (2008). POGIL: An Overview. Dalam Franklin & Marshall College (Ed.), Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) (hlm. 1–13). American Chemical Society. https://pubs.acs.org/sharingguidelines

Muhammad, M., & Purwanto, J. (2020). The effect of Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) on mathematical problem solving abilities. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012171

Santi, V. M., Rafli, M., Hashifah, Z., Rahayu, W., Handayani, D., Arafiyah, R., Sumargo, B., Murdiyanto, T., Rohmah Rohimah, S., Siregar, D., & Ladayya, F. (2025). B A K T I : Efektifitas Pelatihan Materi Statistika Dasar bagi Guru SMA untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Effectiveness of Basic Statistics Training for High School Teachers to Improve Learners’ Competencies. BAKTI: J. Peng. kpd Mas. |, 5(1), 2025. https://doi.org/10.51135/baktivol5iss1pp70-77

Polya, G. (1957). How to Solve It (J. H. Conway, Ed.; 2 ed.). Princeton University Press.

Ramda, A. H., Gunur, B., Makur, A. P., Men, F. E., Studi, P., Matematika, P., Santu, K., & Ruteng, P. (2020). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Matematis Ditinjau dari Sikap Matematis dan Gender di Ruteng.

Sari, N., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2021). Model Pembelajaran POGIL dengan Strategi Quick on The Draw dan Minat Belajar: Dampaknya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 39–50. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.10282

Sari, N. P. S. K., Astawa, I. W. P., & Suparta, I. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning berbantuan Modul untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 3 Banjar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 10(2), 71–79.

Suciati, I., Fabrika Pasandaran, R., & Hajerina, H. (2021). Hubungan Kemampuan Matematis Peserta Didik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: A Systematic Literature Review. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 56–70.

Published

2025-07-13

How to Cite

Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Bivariat bagi Siswa Kelas XI-6 SMA N 3 Salatiga melalui Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (Model POGIL). (2025). Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 117-131. https://doi.org/10.33654/math.v11i2.166

Similar Articles

1-10 of 18

You may also start an advanced similarity search for this article.