Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Time-Token pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Utara
DOI:
https://doi.org/10.33654/57e3c090Keywords:
hasil belajar matematika, metode pembelajaran time tokenAbstract
Penelitian ini berupaya memahami bagaimana hasil belajar matematika siswa dipengaruhi oleh pendekatan pembelajaran time token. “Dengan menggunakan teknik Nonequivalent Control Group, penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen. Teknik sampel purposive menjadi dasar strategi pengambilan sampel penelitian. Sampel yang digunakan adalah kelompok eksperimen siswa kelas VII A dan VII B, sedangkan populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Utara. Penelitian ini menggunakan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan lembar kerja siswa (LKPD) sebagai alat penelitian”. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar pretest dan posttest. Data dikumpulkan untuk penelitian ini menggunakan strategi tes. Dua metode statistik untuk menganalisis data yang digunakan adalah metode statistik deskriptif dan inferensial. 0,001<0,05 merupakan hasil perhitungan yang dilakukan berdasarkan temuan investigasi uji t dengan ambang signifikansi 0,05. Pendekatan pembelajaran time token berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Utara, dapat disimpulkan berdasarkan premis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Downloads
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Adiwinata, S. I. V. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Daring di Era Pandemi Covid-19 terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Ilmu Matematika (SENANDIKA) 2020, 499–508.
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.
Fiteriani, I., & Solekha, I. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas V MI Raden Intan Wonodadi Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2015/2016. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 103–120.
Fitriyah, F. (2020). Kesantunan Berbahasa dalam Wacana Kelas Pembelajaran Bahasa Inggris (Kajian Etnografi Komunikasi di Sekolah Tinggi Filsafat Islam (STFI) Sadra Jakarta) [Doctoral Thesis]. Universitas Negeri Jakarta.
Hariyani, S., & Kamunggul, O. L. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Aritmetika Sosial Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 1–79. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/prismasains/
Hasratuddin, H. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika? Perdana Publishing.
Junariyah, J. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Teknik Drill di Kelas 1 SD Negeri Sukmajaya 1 Kota Cilegon-Banten. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(1), 15–24.
Lastrijanah, L., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa. Didaktika Tauhidi, 4(2), 87–100.
Magfirah, I., & Paliso, Z. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery dengan Setting Kooperatif Ditinjau dari Kemampuan Analogi dan Generalisasi Matematis Siswa Kelas VII MTs Al-Fakhriyah Makassar. PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics, 2(1), 42–55.
Masrufa, B., & Hasan, Moch. S. (2019). Aplikasi Metode Pembelajaran The Power of Two dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Mts Bahrul Ulum Bareng Jombang. Ilmuna, 1(2), 126–145.
Mawaddah, M., Nur, J., Ahmad, A. K., & Indahwaty, I. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 97–106. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.293
Nurhayati, E., & Akhsani, L. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Persamaan dan Fungsi Kuadrat Melalui Model Problem Based Learning dengan Kartu True or False. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 385–391. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.xxxx
Oktaviani, S., Hariyani, S., & Pranyata, Y. I. P. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMKN 2 Singosari. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 54–63.
Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137–144.
Rusman, R. (2014). Model-model Pembelajaran. In EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership (2nd ed., Vol. 3, Issue 1). Raja Grafindo. https://doi.org/10.47530/edulead.v3i1.99
Sukmawati, S., Arifanti, D. R., & Fitriani, A. (2023). Penerapan Pendekatan Time Token Berbasis Cooperative Learning pada Pembelajaran Matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 268–277. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.2856
Sultan, M. A., Musrifah, M., & Muthmainnah, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 027 Takatidung Kabupaten Polewali Mandar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4346–4358.
Suryani, Y., & Asriani, R. (2014). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Subang Kabupaten Kuningan. Equilibrium Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi 10(19), 10(19), 1–15.
Tambun, S. I. E., Sirait, G., & Simamora, J. (2020). Analisis Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Mencakup Bab IV Pasal 5 Mengenai Hak dan Kewajiban Warga Negara, Orang Tua dan Pemerintah. Visi Ilmu Sosial Dan Humaniora (VISH), 1(1), 82–88.

Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.