Buku Ajar Media Pembelajaran Matematika untuk Jenjang Sekolah Menengah
DOI:
https://doi.org/10.33654/h9bnsf23Keywords:
matematika, media, pembelajaran, sekolah menengah, 4DAbstract
Penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yaitu define, design, development, dan disseminate. Pengembangan produk berupa buku ajar media pembelajaran matematika untuk jenjang sekolah menengah. Buku tersebut akan digunakan sebagai referensi mata kuliah media pembelajaran matematika di semester V yang merupakan mata kuliah wajib di Program Studi Tadris Matematika. Pengembangan produk ini sangat penting dikarenakan belum terdapatnya referensi media pembelajaran matematika khususnya untuk jenjang sekolah menengah. Buku ini dilengkapi dengan cara membuat media, penggunaan media, dan di dukung dengan video. Hasil dari validasi buku ajar ini diperoleh nilai dari bidang materi adalah sebesar 84%, bidang Bahasa 85%, dan bidang media 88,3%, semua hasil validasi termasuk dalam kategori sangat valid. Pada tahap analisis kepraktisan diperoleh persentase sebesar 96,7% dan termasuk dalam kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa produk buku ajar yang dikembangkan adalah buku ajar yang valid dan praktis.
Downloads
References
Abram, S. (2010). Thinking about Ebooks. Multimedia and Internet at schools. 17(3), 18–19.
Anggreani, C., & Syafdaningsih, S. (2020). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 124–132. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.286
Astuti, V. D., Muthmainnah, R. N., & Rosiyanti, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Pokamath pada Materi Aljabar Kelas VII. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.1-10
Azizah, S. N., Anas, A., Anditha, D., & Sujiwo, C. (2023). The influence of media implementation of Algebra Cartoon Books on the learning outcomes of class VII students at Junior High School Plus Darus Sholah Jember. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 6(4), 353–361. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v6i4.279
Daniel, D., & Woody, W. (2013). Etextbooks at what cost? Performance and Use electronic. Computers and Education, 62(2), 18–23.
Darmayanti, R., Afifah, A., Ridho’i, A. V., & Nurmaltasari, D. (2023). Pizzaluv-Math: Analysis of Learning Media Needs to Make It Easy for Students to Learn the Limits of Trigonometric Functions. Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 211–220. https://doi.org/10.61650/dpjpm.v1i3.201
Distrik, I. W., Ertikanto, C., Purwati, Y. S., Saregar, A., & Ab Rahman, N. F. (2024). Digital Problem-Based Worksheet With 3D Pageflip: An Effort to Address Conceptual Understanding Problems and Enhance Digital Literacy Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 13(1), 116–127. https://doi.org/10.15294/jpii.v13i1.48604
Fudin, A., & Purwandari, R. D. (2021). Implementation of E-Book Based on 3D Pageflip Professional to Improve Conceptual Understanding of Science for Elementary School Students. DINAMIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 13(2), 97–100. https://doi.org/10.30595/Dinamika/v12i2
Hasbiyanti, H., & Khusnah, L. (2017). Penerapan Media E-book Berekstensi EPUB untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA. Pena Sains, 4(1), 1–5.
Mbulu, J., & Suhartono. (2004). Pengembangan Bahan Ajar. Elang Mas.
Nursupiamin, N., Badjeber, R., & Bagus, B. (2023). Development of an Introduction to Basic Mathematics Textbook Integrated with Islamic Values. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 11(1), 83–102. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v11i1.3025
Rosida, R., Fadiawati, N., & Jalmo, T. (2017). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar E-Book Interaktif dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 35–45.
Rozy, A. F., & Anggana, Y. A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika Berbasis 3D Pageflip pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di SMK Negeri 1 Kediri. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(1), 1–7.
Saputra, H., Octaria, D., & Isroqmi, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Materi Turunan Fungsi. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 123–135. https://doi.org/10.31316/jderivat.v9i2.4072
Sari, M., Murti, S. R., Habibi, M., Laswadi, L., & Rusliah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Berbantuan 3D Pageflip Profesional Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 789–802. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.490
Sprague, N., & HUnter, B. (2008). Assessing E-books: Taking a Closer Look at E-book Statistics. Library Collections, Acquisition, and Technical Service, 32(3–4), 150–157.
Yahfizham, Y., Siregar, T. J., & Richsan, A. A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Algoritma Pemrograman pada Program Studi Pendidikan Matematika. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 12(1), 71–83. https://doi.org/10.30821/axiom.v12i1.14739
Yuzianah, D. (2023). Learning Interactive Media in Discrete Mathematics Course of the Development of Mobile Semester V Students. Jurnal Eduscience (JES), 10(1), 299–309.

Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.