Pengembangan Video Pembelajaran Asal Usul Prosedur Pembagian Pecahan Sekolah Dasar Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.33654/math.v11i2.162Keywords:
video pembelajaran, pembagian pecahan, model ADDIEAbstract
Pembelajaran matematika seharusnya menekankan pemahaman mendalam, bukan sekadar hafalan. Namun, pada materi pembagian pecahan, banyak siswa hanya menghafal prosedur tanpa memahami konsep, seperti alasan membalik pecahan, yang menyebabkan kesalahan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media berbasis konstruktivisme guna mendorong siswa berpikir logis dan sistematis. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), yang mencakup lima tahap: analisis kebutuhan, perancangan media, pengembangan video, implementasi di kelas, serta evaluasi efektivitas media. Tahap evaluasi dilakukan melalui analisis hasil belajar siswa menggunakan uji Wilcoxon dan angket respons siswa terhadap media. Video pembelajaran yang dikembangkan menjelaskan asal-usul prosedur pembagian pecahan dan telah diterapkan di SD Negeri Mangunsari 01 Salatiga dengan 43 siswa kelas V pada semester genap 2024/2025. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa video ini sangat valid (92,14%), sangat praktis (91,51%), dan efektif, dengan nilai signifikansi < 0,05 yang menunjukkan pengaruh positif terhadap hasil belajar. Dengan demikian, video ini layak digunakan sebagai sarana belajar pembagian pecahan.
Downloads
References
Afsari, R., Kesumawati, N., & Surmilasari, N. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis TPACK dalam Materi Pecahan untuk Siswa Kelas IV SD. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 11(4), 339–348.
Aswardi, A., Mukhaiyar, R., Elfizon, E., & Nellitawati, N. (2019). Pengembangan Trainer Programable Logic Gontroller Sebagai Media Pembelajaran Di Smk Negeri Kota Payakumbuh. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(1), 51–56.
Budiarti, C. D., Purwanto, S. E., & Hendriana, B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran M-Apos terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 15–22.
Isnaini, S. N., Firman, F., & Desyandri, D. (2023). Penggunaan Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 42–51.
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2, 229–235. https://www.academia.edu/download/61579377/konsep_matematis20191221-53493-1p7iulq.pdf
Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713–726.
Prambudi, E. Y., & Yunianta, T. N. H. (2020). Pengembangan Media Bus Race Algebra pada Materi Bentuk Aljabar untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia, 4(1), 8–22.
Rahmawati, F., Fatimah, V., Buraidah, N. L., Wa’fa, E., Resfia, A., Faizah, S. N., & Mukaromah, A. (2021). Efektivitas Video Belajar dalam Pembelajaran Daring Matematika Materi Transformasi pada Siswa SMP. Jurnal Theorems, 5(2), 202–211.
Sistadewi, K., & Agustika, G. N. S. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Open Ended Materi Pecahan Senilai untuk Kelas IV di SD No. 1 Mengwi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 769–777.
Sumaryati, E. (2013). Pendekatan Induktif-Deduktif disertai Strategi Think-Pair-Square-Share untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kritis serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Infinity Journal, 2(1), 26. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.22
Tahyun, R., Hastuti, D. I., Muhardini, S., Fujiaturrahman, S., & Milandari, B. D. (2022). Pengembangan Media Video Animasi pada Materi Pecahan untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Tahun Pelajaran 2021/2022. Seminar Nasional Paedagoria, 2, 173–179. https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/10163
Winarso, W. (2014). Membangun Kemampuan Berpikir Matematika Tingkat Tinggi melalui Pendekatan Induktif, Deduktif dan Induktif-Deduktif dalam Pembelajaran Matematika. EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2). https://www.syekhnurjati.ac.id/Jurnal/index.php/eduma/article/view/58
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nikki Albia, Erlina Prihatnani, Danang Setyadi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.