Efektivitas Metode GASING dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ende

Authors

  • Maria Fridolin Dea Universitas Flores Author
  • Maria Goreti Diciloam Bantas Universitas Flores Author
  • Hilaria Melania Mbagho Universitas Flores Author

DOI:

https://doi.org/10.33654/math.v11i2.181

Keywords:

metode GASING, pemahaman matematis

Abstract

Rendahnya pemahaman matematis siswa dalam memahami materi pembelajaran perlu diatasi, salah satunya dengan cara menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui keefektifan metode GASING dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa; (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan metode GASING dan siswa yang tidak menggunakan metode GASING. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain quasi-experimental research tipe Nonequivalent control group design. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa (1) Metode GASING terbukti cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji N-Gain sebesar  termasuk dalam kategori cukup efektif. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan metode GASING dan siswa yang tidak menggunakan metode GASING. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji (independent samples t-test) yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed)  yaitu . Hasil penelitian menunjukan bahwa metode GASING cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman matemastis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Maria Fridolin Dea, Universitas Flores

    Jl. Sam Ratulangi-Ende-Flores-NTT

  • Maria Goreti Diciloam Bantas, Universitas Flores

    Jl. Sam Ratulangi-Ende-Flores-NTT

  • Hilaria Melania Mbagho, Universitas Flores

    Jl. Sam Ratulangi-Ende-Flores-NTT

References

Afif, Z., Azhari, D. S., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Ilmiah ( Kuantitatif ) Beserta Paradigma , Pendekatan , Asumsi Dasar, Karakteristik, Metode Analisis Data Dan Outputnya. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 682–693. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0APenelitian

Amir, N. F., & Andong, A. (2022). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Pecahan. Journal of Elementary Educational Research, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.30984/jeer.v2i1.48

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824

Diah, R., & Siregar, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Modifikasi Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1033–1042. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.386

Fiani, A. S. O., Wibowo, N. A., Andoyo, Y. A. A., & Rofisian, N. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(3), 999–1003. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i3

Hartono, H. (2022). Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode GASING Pada Materi Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar Di SMP. Jurnal Al Mujaddid Humaniora, 8(2), 103–109. https://doi.org/10.58553/jalhu.v8i2.127

Hidayah, L. F., Sutriyani, W., & Zumrotun, E. (2024). Efektivitas metode gasing berbantuan media uno pintar ( untar ) terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 15(3), 444–454. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v15i3.19766

Inuhan, M., Lekitoo, J. N., Dahoklory, A. S. K., & MA, R. K. (2024). Pelatihan Soal-Soal Olimpiade Matematika Tingkat Sekolah Dasar Pada Sd Negeri 325 Maluku Tengah. PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 59–65. https://doi.org/10.30598/pakem.4.1.59-65

Korani, K., & Tappi, Y. (2025). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Strategi Think- Pair-Share pada Materi persamaan Linear di Kelas VII SMP Negeri 1 Nabire. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 4(10), 1463–1470. https://mail.bajangjournal.com/index.php/JCI/article/view/10537

Lestari, O. R., & Hardini, A. T. A. (2022). Keefektifan Metode Matematika GASING Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Perkalian Dua Digit Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 2498–2506. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3038

Nugraha, B. F. M., Surjana, A., & Karlina, D. A. (2024). Pengaruh Media Ular Tangga terhadap Peningkatan Pemahaman Peserta Didik Kelas III pada Materi Perubahan Benda. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 181–186. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1029

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2023). Education GPS: Student Performance (PISA 2022). In Oecd. http://gpseducation.oecd.org

Rumajar, J. R., Pulukadang, R. J., & Manurung, O. (2024). Pembelajaran Gasing Pada Materi Perkalian Bilangan Bulat: Pengaruh & Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 2127–2139. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i3.2356

Sanaky, M. M., Moh., S. La, & Titaley, H. D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

Siroj, A. R., Afgani, W., Fatimah, Septrania, D., Zahira, G., & Salsabila. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah untuk Analisis Data. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 11279–11289. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32467

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Supriadi, G. (2021). Statistik Penelitian Pendidikan. UNY Press.

Suwarto, S., & Musa, Z. Bin. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109–120. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.2269

Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481

Tarigan, E. F., Nilmarito, S., Islamiyah, K., Darmana, A., & Suyanti, R. D. (2022). Analisis Instrumen Tes Menggunakan Rasch Model dan Software SPSS 22.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 92–96. https://doi.org/10.15294/jipk.v16i2.30530

Published

2025-07-31

How to Cite

Efektivitas Metode GASING dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ende. (2025). Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 199-207. https://doi.org/10.33654/math.v11i2.181

Similar Articles

1-10 of 25

You may also start an advanced similarity search for this article.