Efektivitas Metode GASING dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ende
DOI:
https://doi.org/10.33654/math.v11i2.181Keywords:
metode GASING, pemahaman matematisAbstract
Rendahnya pemahaman matematis siswa dalam memahami materi pembelajaran perlu diatasi, salah satunya dengan cara menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui keefektifan metode GASING dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa; (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan metode GASING dan siswa yang tidak menggunakan metode GASING. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain quasi-experimental research tipe Nonequivalent control group design. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa (1) Metode GASING terbukti cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji N-Gain sebesar termasuk dalam kategori cukup efektif. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan metode GASING dan siswa yang tidak menggunakan metode GASING. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji (independent samples t-test) yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) yaitu . Hasil penelitian menunjukan bahwa metode GASING cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman matemastis siswa.
Downloads
References
Afif, Z., Azhari, D. S., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Ilmiah ( Kuantitatif ) Beserta Paradigma , Pendekatan , Asumsi Dasar, Karakteristik, Metode Analisis Data Dan Outputnya. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 682–693. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0APenelitian
Amir, N. F., & Andong, A. (2022). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Pecahan. Journal of Elementary Educational Research, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.30984/jeer.v2i1.48
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
Diah, R., & Siregar, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Modifikasi Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1033–1042. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.386
Fiani, A. S. O., Wibowo, N. A., Andoyo, Y. A. A., & Rofisian, N. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(3), 999–1003. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i3
Hartono, H. (2022). Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode GASING Pada Materi Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar Di SMP. Jurnal Al Mujaddid Humaniora, 8(2), 103–109. https://doi.org/10.58553/jalhu.v8i2.127
Hidayah, L. F., Sutriyani, W., & Zumrotun, E. (2024). Efektivitas metode gasing berbantuan media uno pintar ( untar ) terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 15(3), 444–454. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v15i3.19766
Inuhan, M., Lekitoo, J. N., Dahoklory, A. S. K., & MA, R. K. (2024). Pelatihan Soal-Soal Olimpiade Matematika Tingkat Sekolah Dasar Pada Sd Negeri 325 Maluku Tengah. PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 59–65. https://doi.org/10.30598/pakem.4.1.59-65
Korani, K., & Tappi, Y. (2025). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Strategi Think- Pair-Share pada Materi persamaan Linear di Kelas VII SMP Negeri 1 Nabire. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 4(10), 1463–1470. https://mail.bajangjournal.com/index.php/JCI/article/view/10537
Lestari, O. R., & Hardini, A. T. A. (2022). Keefektifan Metode Matematika GASING Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Perkalian Dua Digit Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 2498–2506. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3038
Nugraha, B. F. M., Surjana, A., & Karlina, D. A. (2024). Pengaruh Media Ular Tangga terhadap Peningkatan Pemahaman Peserta Didik Kelas III pada Materi Perubahan Benda. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 181–186. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1029
Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2023). Education GPS: Student Performance (PISA 2022). In Oecd. http://gpseducation.oecd.org
Rumajar, J. R., Pulukadang, R. J., & Manurung, O. (2024). Pembelajaran Gasing Pada Materi Perkalian Bilangan Bulat: Pengaruh & Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 2127–2139. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i3.2356
Sanaky, M. M., Moh., S. La, & Titaley, H. D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Siroj, A. R., Afgani, W., Fatimah, Septrania, D., Zahira, G., & Salsabila. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah untuk Analisis Data. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 11279–11289. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32467
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Supriadi, G. (2021). Statistik Penelitian Pendidikan. UNY Press.
Suwarto, S., & Musa, Z. Bin. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109–120. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.2269
Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481
Tarigan, E. F., Nilmarito, S., Islamiyah, K., Darmana, A., & Suyanti, R. D. (2022). Analisis Instrumen Tes Menggunakan Rasch Model dan Software SPSS 22.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 92–96. https://doi.org/10.15294/jipk.v16i2.30530
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Fridolin Dea, Maria Goreti Diciloam Bantas, Hilaria Melania Mbagho (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.