Peningkatan Literasi Matematika Melalui Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Kontekstual
DOI:
https://doi.org/10.33654/math.v11i1.84Keywords:
kemampuan literasi matematis, problem based learning, pendekatan kontekstualAbstract
Tujuan utama dari penelitian kuantitatif yang dilakukan di SMKS Muhammadiyah Kedawung Cirebon ini adalah untuk menemukan perbedaan pada kemampuan literasi matematika siswa sebelum dan sesudah model PBL diterapkan dengan pendekatan kontekstual serta peningkatannya. Seluruh siswa kelas XI dimasukkan dalam populasi penelitian, dan sampel diambil melalui teknik cluster sampling yaitu kelas XI KJIJ 2 yang terdiri dari 30 siswa. Pra-eksperimental dengan desain pretest-posttest group design merupakan desain penelitian yang dipilih. Soal tes kemampuan literasi matematis dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran PBL berorientasi pendekatan kontekstual adalah instrumen yang digunakan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi uji t berpasangan sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest siswa antara sebelum dan sesudah mendapat kegiatan pembelajaran menggunakan model PBL pendekatan kontekstual berkisar antara 41,00 hingga 94. Selain itu, pada uji n-gain diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,6112, menunjukkan bahwa literasi matematika siswa meningkat pada kategori sedang akibat pembelajaran memanfaatkan model PBL dengan pendekatan kontekstual.
Downloads
References
Askew, M. (2015). Numeracy for the 21st century: A commentary. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 47(4).
Bahtiar, A., Syamsuddin, A., & Akib, I. (2020). Description of mathematical communication skills, logical thinking and its influence on the ability of mathematical literacy for students of grade v elementary school. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(4).
Dahnial, I. (2024). Modernisasi Pendidikan pada Era Artificial Intelligence. UMSU Press.
Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan literasi matematis siswa melalui model pembelajaran problem based instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398.
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri. (2021). Roblem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2).
Gumilar, G., Harsono, H., Wulandari, M. D., Markhamah, M., & Rahmawati, L. E. (2024). Contextualization of Photosynthesis Learning Based on Visual Thinking in Elementary Schools. SEJ (Science Education Journal), 8(2).
Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., Maulyda, M. A., Erfan, M., & Rosyidah, A. N. (2020). Literasi Matematika Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Pisa Konten Shape And Space. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3).
Hidayatulloh, N. F., & Nurjanah, N. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Melalui Discovery Learning Dengan Pendekatan RME. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2).
Inayah, Z., Buchori, A., & Pramasdyahsari, A. S. (2021). The effectiveness of problem based learning (pbl) and project based learning (pjbl) assisted kahoot learning models on student learning outcomes. International Journal of Research in Education, 1(2).
Indrawati, F. A., & Wardono, W. (2019). Pengaruh self efficacy terhadap kemampuan literasi matematika dan pembentukan kemampuan 4C. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 247–267.
Kartika, M., Khoiri, N., Sibuea, N. A., & Rozi, F. (2021). Learning by doing, training and life skills. MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 1(2), 91–103.
Ladyawati, E., & Rahayu, Y. S. (2021). Keefektifan buku ajar berbasis literasi matematika untuk materi “persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat.” Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 221–235.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Analisis kemampuan representasi matematis mahasiswa pada mata kuliah geometri transformasi berdasarkan latar belakang pendidikan menengah. Jurnal Matematika Integratif, 13(1), 28–33.
Maisaroh, D., & Permatasari, D. (2024). LKPD Tenun Troso: Apakah Mampu Memfasilitasi Pemahaman Konsep Transformasi Geometri. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 1–15.
Manalu, M. E., Gultom, S. P., & Sinaga, S. J. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3).
Margayanti, D., Maslahah, F. N. M., Manazila, S. I., Puspitawedana, D; Yuliyantika, S., & Luthfi, S. (2024). Transformasi Pembelajaran Matematika: Panduan untuk Guru Abad 21. AMU Press.
Muchtar, F. Y., Nurdin, F. A., Kasmawati, K., Nurwahyuningsih, N., Yamin, M., & S, M. I. (2023). Meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar melalui model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl). Journal on Education, 5(4).
Nizham, H., & Suhendra, S. (2017). Improving ability mathematic literacy, self-efficacy and reducing mathematical anxiety with learning Treffinger model at senior high school students. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1).
Nurhasanah, A., Yuliyanti, N., Citrawati, T., Sukamto, S., Handoyo, E., & Raharjo, T. J. (2024). Implementasi Differensiasi Dalam Perspektif Kontruktivisme Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 10(2).
OECD. (2022). PISA 2022: Mathematics Framework. OECD Publishing.
Pranata, N., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2020). Efektivitas pendekatan kontekstual terhadap kemampuan literasi matematis siswa smp berbasis karakter dan budaya lokal. WILANGAN: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(3).
Pratiwi, A., & Rosita, N. T. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa MAN 1 Sumedang. Suska Journal of Mathematics Education, 10(1).
Royani, M., & Saufi, M. (2016). Problem Based Learning: Solusi pembelajaran matematika yang pasif. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127–131.
Sahuri, M. S. (2022). Strategi guru pendidikan agama Islam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Al Baitul Amien Jember. IJIT: Indonesian Journal of Islamic Teaching, 5(2), 205–215.
Salsabila, Y. R., & Muqowim, M. (2024). Korelasi Antara Teori Belajar Konstruktivisme Lev Vygotsky Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3).
Sarrofah, S., Rosidi, I., Hadi, W. P., Sidik, R. F., & Yasir, M. (2024). Penerapan problem based learning dengan pendekatan kontekstual terhadap literasi sains siswa. Jurnal Natural Science Educational Research, 7(1).
Serevina, V., Sunaryo;, Raihanati;, Astra, I. M., & Sari, I. J. (2018). Development of e-module based on problem based learning (pbl) on heat and temperature to improve student’s science process skill. TOJET. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(3).
Siregar, M. (2024). Strategi Pembelajaran PAI Kontekstual. Jurnal Kualitas pendidikan, 2(2).
Umbara, U., & Suryadi, D. (2019). Re-interpretation of mathematical literacy based on the teacher’s perspective. International Journal of Instruction, 12(4).
Uzma, Z., & Masyithoh, S. (2024). Tantangan Dan Peluang Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Kehidupan Masyarakat. QAZI: Journal of Islamic Studies, 1(1).
Wati, I. M., Nofriyadi, R., & Karmelia, N. A. (2022). Efektivitas pembelajaran pbl dan saintifik rme terhadap peningkatan kemampuan literasi matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV), 4(1).
Yesika, S., Nelly, W., & Anita, S. R. H. (2020). Analisis literasi matematika pada penyelesaian soal cerita siswa kelas V sekolah dasar. J-PiMat.
Yustitia, V., Amin, S. M., & Abadi. (2020). Mathematical literacy in pre-service elementary school teacher: A case study. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1).

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elli Rizeqia Fadilah, Iman Solahudin, Erlinda Isulis Marissa (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.