Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Kontekstual pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel untuk Meningkatkan Kecakapan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Fase E
DOI:
https://doi.org/10.33654/math.v10i2.71Keywords:
bahan ajar, masalah kontekstual, kecakapan pemecahan masalah matematisAbstract
Penyelidikan ini dikembangkan menggunakan model empat dimensi. Selama fase E, kami ingin membantu siswa menjadi lebih baik dalam memecahkan masalah matematika, Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk membuat sumber daya pembelajaran berbasis masalah kontekstual untuk sistem persamaan linear tiga variabel. Tujuan dari materi ini adalah agar valid, praktis, dan efektif. Lembar validasi, lembar kuesioner respons siswa, dan tes keterampilan pemecahan masalah matematika (KPMM) merupakan instrumen penelitian yang digunakan dalam penyelidikan ini. Persentase rata-rata hasil validasi untuk materi pengajaran siswa adalah 92,34%, sehingga masuk dalam kategori sangat valid. Tidak ada revisi tambahan yang dilakukan pada bahan ajar, dan temuan kuesioner respons siswa adalah 79,22% dengan kategori praktis. Hasil pada tes KPMM lebih tinggi untuk siswa yang belajar menggunakan bahan ajar yang dibuat (87,33) dibandingkan dengan mereka yang nilainya lebih rendah (77,53). Temuan penelitian menunjukkan bahwa materi pembelajaran berbasis masalah kontekstual dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap sistem persamaan linear tiga variabel, dan ini didukung oleh validitas, kepraktisan, dan kemanjurannya.
Downloads
References
Agustina, L., Sormin, M. A., & Sahara, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) di Kelas VII SMP Negeri 4 Sipirok. EKSAKTA Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 3(1), 55–64.
Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosda Karya.
Alawiyah, T. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Materi Lingkaran berbasis pendekatan Realistic Mathematics Educarion. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(4), 373–385.
Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 2(1), 39–46.
Dussawal, W., Husnayain, M. I., Muchlisin, M., & Najwa, W. A. (2019). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis PMRI Pada Materi Perkalian Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 28–36. https://doi.org/10.17509/ebj.v1i1.26178
Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517
Fatimah, A. E. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Melalui Pendekatan Differentiated Instruction. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 11–23.
Iksanudin, Saputro, M., & Firdaus, M. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linier tiga variabel di SMAN 1 Bunut Hulu. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 4(1), 377–387.
Kemendikbudristek. (2022). Salinan Keputusan Kepada Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022. In Kemendikbudristek (033/H/KR/2022).
Listiani, L., Fitri, A., & Haerudin. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Siswa Kelas IV. IJPSE: Indonesian Journal of Primary School Education, 1(2), 349–358.
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.
Nurafni, A., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Self Confidence Siswa: Studi Kasus di SMKN 4 Pandeglang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 27–33. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya
Perwitasari, S., Wahjoedi, W., & Akbar, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 278–285. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95
Safitri, A., & Dewi, N. R. (2021). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Materi Aritmetika Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 59–66. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Sari, D. P., Isnurani, I., Aditama, R., Rahmat, U., & Sari, N. (2020). Penerapan Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari di SMAN 6 Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 2(2), 134–140.
Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
Syahril, R. F., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Kelas XI SMAN 1 Bangkinang Kota Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 78–90.
Widiyasari, R., Astriyani, A., & Irawan, K. V. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Bantuan Media Evaluasi Thatquiz. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 141–154. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.141-154
Yati, W., & Amini, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Cooperative Learning tipe Turnamen pada Siswa di Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 4(1), 158–167. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.