Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Fase D
DOI:
https://doi.org/10.33654/5mqbm315Keywords:
PBL, PTK, kemampuan pemecahan masalah matematis, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabelAbstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Subjek penelitian adalah peserta didik Kelas SMP Negeri 35 Pekanbaru tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu Siklus 1 dan Siklus 2, yang masing-masing siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah modul ajar kurikulum merdeka dan instrumen pengumpul data berupa tes KPMM dan lembar observasi. Dalam menganalisis data memanfaatkan teknik analisis deskriptif naratif dan statistik. Hasil penelitian ini adalah implementasi dari PBL berhasil merekonstruksi proses pembelajaran menjadi lebih baik dan mampu meningkatkan KPMM peserta didik dari 66,75 (Siklus 1) menjadi 90,45 (Siklus 2). Jadi, penerapan model PBL berpotensi membenahi aktivitas pembelajaran dan mampu mengembangkan KPMM pada diri peserta didik Fase D Kelas SMP Negeri 35 Pekanbaru tahun pelajaran 2023/2024 semester genap.
Downloads

Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.