Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Fase D

Authors

  • Annisa Husnul Haq Universitas Riau Author
  • Armis Armis 3Universitas Riau Author
  • Sehatta Saragih Universitas Riau Author

DOI:

https://doi.org/10.33654/5mqbm315

Keywords:

PBL, PTK, kemampuan pemecahan masalah matematis, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Subjek penelitian adalah peserta didik Kelas  SMP Negeri 35 Pekanbaru tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu Siklus 1 dan Siklus 2, yang masing-masing siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah modul ajar kurikulum merdeka dan instrumen pengumpul data berupa tes KPMM dan lembar observasi. Dalam menganalisis data memanfaatkan teknik analisis deskriptif naratif dan statistik. Hasil penelitian ini adalah implementasi dari PBL berhasil merekonstruksi proses pembelajaran menjadi lebih baik dan mampu meningkatkan KPMM peserta didik dari 66,75 (Siklus 1) menjadi 90,45 (Siklus 2). Jadi, penerapan model PBL berpotensi membenahi aktivitas pembelajaran dan mampu mengembangkan KPMM pada diri peserta didik Fase D Kelas  SMP Negeri 35 Pekanbaru tahun pelajaran 2023/2024 semester genap.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Annisa Husnul Haq, Universitas Riau

    Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru Pekanbaru 28293 – Indonesia

  • Armis Armis, 3Universitas Riau

    Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru Pekanbaru 28293 – Indonesia

  • Sehatta Saragih, Universitas Riau

    Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru Pekanbaru 28293 – Indonesia

Published

2024-08-30

How to Cite

Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Fase D. (2024). Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 193-207. https://doi.org/10.33654/5mqbm315

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.