Pengembangan Media Geogebra untuk Pemahaman Irisan Kerucut Mahasiswa TMT UIN Satu Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.33654/Keywords:
irisan kerucut, TMT, GeoGebraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis GeoGebra yang valid untuk membantu mahasiswa jurusan Tadris Matematika (TMT) di UIN Satu Tulungagung memahami konsep Irisan Kerucut. Penelitian ini menggunakan desain penelitian R&D dengan model ADDIE, subjek penelitiannya adalah 2 orang ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Sedangkan untuk subjek uji cobanya adalah 30 mahasiswa TMT yang dipilih secara acak dengan tujuan mendapatkan hasil penelitian yang akurat. Hasil penelitian yang diperoleh adalah skor rata-rata penilaian dari 2 orang validator ditinjau dari seluruh aspek adalah 4,39. Menurut kriteria kevalidan yang ditetapkan, maka media pembelajaran yang dikembangkan dapat dinyatakan Valid. Sedangkan hasil skor rata-rata tes mahasiswa untuk semua materi adalah 87,5. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa untuk materi irisan kerucut setelah menggunakan media pembelajaran berbasis GeoGebra adalah Baik. Dengan demikian dapat digarisbawahi bahwa Media pembelajaran Berbasis GeoGebra ini menunjukkan validitas yang tinggi dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi irisan kerucut.
Downloads
References
Amaly, A. M., Muhammad, G., Erihadiana, M., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Kecakapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 88–104. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6712
Amelia, W., & Rustaman. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tata Surya Berbasis Teknologi Holobox Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 117–125.
Arbain, A., & Halidin, H. (2024). Efektivitas Video Pembelajaran Berbasis GeoGebra dalam Kelas Virtual terhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 6(1), 11–21.
Çakır, H., Bektaş, Ö., & Yılmaz, R. (2024). Dual octonions and rigid body kinematics. Mathematical Methods in the Applied Sciences, 47(7), 5957–5974.
Egita, D., & Indriani, R. (2024). Penerapan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Geometri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Siswa SMA. Journal of Human and Education, 4(5), 485–489.
Ekawati, H. (2016). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dan Pembelajaran Konvensional pada Kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 54–64.
Fathurrahman, F., & Fitrah, M. (2023). Software Geogebra Pada Pembelajaran Matematika: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 33–40.
Fatmawati, R., & Yahfizham, Y. (2024). Systematic Literature Review: Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. International Journal of Mathematics and Science Education, 1(2), 1–11.
Fitriani, F., Maifa, T. S., & Bete, H. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 460–465. https://doi.org/10.29303/jppm.v2i4.1507
Frisnoiry, S., Tuzzahra, T. F., Pasaribu, T. Y. L., Utami, T. D., Harianja, T. Y. W., & Fadhilah, Y. R. (2024). Sejarah Geometri: Euclid hingga Konsep Geometri Modern. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 17009–17020.
Hafis, H., Buhaerah, B., & Kasmirah, K. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Siswa. DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1–8. https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Dikmat
Husnaidah, M., Hrp, M. S., & Sofiyah, K. (2024). Konsep Dasar Matematika Fondasi untuk Berpikir Logis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(12), 41–47.
Jabnabillah, F., & Reza, W. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 5(2), 94–100. https://doi.org/10.21067/pmej.v5i2.7468
Khoirunnisa, A., Oktaviani, D. N., & Aripin, U. (2024). Systematic Literature Review: Bagaimana Pembelajaran Geometri 3D dengan Berbantuan Geogebra. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 594–603. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i2.6059
Lekitoo, J., Moma, L., & Ngilawajan, D. A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Ambon pada Materi Irisan Kerucut dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Media Pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction) Berbantuan Software Geogebra. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 45–50.
Manik, S. A. R., Humairoh, A. P., Annisa, S., Mailani, E., & Ketaren, M. A. (2024). Peran Media Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Geometri Siswa Sekolah Dasar. AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation, 1(2), 759–763.
Mukarramah, M., Edy, S., & Suryanti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah matematika Peserta Didik SMP. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 67–80.
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Pamungkas, D., & Sudihartinih, E. (2021). Analisis Kebutuhan Mahasiswa Calon Guru Matematika Terhadap Aplikasi GeoGebra Pada Pembelajaran Geometri Analitik. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 223–232.
Pasaribu, R. L., & Suratman, D. (2022). Kemampuan Spasial Mahasiswa Menggunakan Geogebra Pada Irisan Kerucut. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1551–1558. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1551-1558
Putri, J. H., Syarah, F., Matondang, K., & Damanik, A. S. (2024). Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika (AL KHAWARIZMI), 4(2), 27–33.
Ramdhani, S. (2016). Analisis Kemampuan Mahasiswa Program Studi Matematika dalam Membuat Bahan Ajar dengan Perangkat Lunak Geogebra Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Analisa, 2(3), 27–36.
Rohman, K., Turmudi, T., Budimansyah, D., & Syaodih, E. (2023). Misapprehension of mathematics among teachers, parents, and elementary school students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 17(4), 598–603.
Saba, S. S. (2024). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektivitas Siswa. JME Jurnal Management Education, 2(02), 57–63.
Sopanda, L., Sari, S. K. N., & Mardiana, M. (2022). Integrasi Geogebra dan Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi SPLDV. Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara, 2(1), 25–36.
Sutopo, N. A., & Ratu, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran GeoGebra Classroom Sebagai Penguatan Pemahaman Konsep Materi Translasi Siswa SMP Kelas IX. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 10–23. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.971
Suwanto, F. R., Hasratuddin, H., Fauzi, Kms. M. A., & Napitupulu, E. E. (2023). Problem Based Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Analitik. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 441–452. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1507
Suyuti, S., Wahyuningrum, P. M. E., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Rusmayani, N. G. A. L. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1–11.
Wahyudi, W., & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika (1st ed.). Satya Wacana University Press.
Walid, M. I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis GeoGebra dengan Model Pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) pada Materi Geometri Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Takalar [Undergraduate Thesis]. UIN Alauddin Makassar.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Asmarani, Umy Zahroh (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.