Integrasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika: Konteks Rumah Adat Ogan Komering Ulu
DOI:
https://doi.org/10.33654/math.v11i2.189Keywords:
etnomatematika, rumah adat OKU, nilai filosofisAbstract
Etnomatematika merupakan perpaduan antara unsur budaya dan konsep matematika yang bertujuan untuk memperkenalkan keduanya secara terpadu. Salah satu wujud penerapan etnomatematika dapat ditemukan pada rumah adat Ogan Komering Ulu (OKU), yang memiliki desain arsitektur dan ornamen yang sarat dengan nilai-nilai budaya dan sejarah. Namun pada kenyataannya masih jarang ditemukan perangkat pembelajaran yang memanfaatkan kearifan lokal masyarakat sekitar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap makna filosofis serta konsep matematika yang terkandung dalam bangunan rumah adat OKU melalui pendekatan etnomatematika, sekaligus mengembangkan LKPD berbasis etnomatematika. penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sementara itu, pengembangan LKPD dilakukan dengan pendekatan design research jenis development studies. Hasil penelitian mengungkap bahwa rumah adat OKU tidak hanya memiliki keindahan secara visual, tetapi juga memuat konsep matematika yang menyatu dengan nilai-nilai filosofis yang merepresentasikan kearifan lokal serta keseimbangan antara manusia dan alam. Hasil tes yang diperoleh dari peserta didik menunjukkan tingkat ketuntasan mencapai 80%.
Downloads
References
Astuti, E. P., Hanum, F., Wijaya, A., & Purwoko, R. Y. (2023). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Matematika Dan Nilai Karakter Pada Permainan Tradisional Jawa Ganjilan. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(2), 165. https://doi.org/10.30821/axiom.v11i2.12503
Aziza, N., Somakim, S., & Mulyono, B. (2022). Ethnomathematics of 100-Pillars Limas House and Its Integration in Mathematics Learning for Junior High School. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3323. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6207
D’Ambrosio, U. (2016). An Overview of the History of Ethnomathematics. In Current and future perspectives of ethnomathematics as a program. ICME-13, Current and Future Perspectives of Ethnomathematics as a Program, 5–10. https://doi.org/10.1007/978-3-319-30120-4
Djumingin, S., Juanda, & Tamsir, N. (2022). Pengembangan materi pembelajaran bahasa indonesia.
Efryanty, Somakim, & Budi Mulyono. (2023). Etnomatematika Cagar Budaya Rumah Kampung Kapitan Dan Pengintegrasiannya Dalam Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(3), 157–168. https://doi.org/10.31316/jderivat.v10i3.5567
Fahik, M. J., Blegur, I. K. S., & Nenohai, J. M. H. (2022). Etnomatematika Terkait Aktivitas Fundamental pada Rumah Adat NTT. Prosiding Santika 3: Seminar Nasional Tadris Matematika Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 3(1), 328–343.
Faqih, A., Nurdiawan, O., & Setiawan, A. (2021). Pengembangan Media pembelajaran Multimedia Interaktif Alat Masak Tradisional Berbasis Etnomatematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 301–310. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.663
Kusuma, A. B., Hanum, F., Abadi, A. M., & Ahmad. (2024). Exploration of Ethnomathematics Research in Indonesia 2010-2023. Infinity Journal, 13(2), 393–412. https://doi.org/10.22460/infinity.v13i2.p393-412
Leng, N. (2006). Effects of an ancient Chinese mathematics enrichment programme on secondary school students’ achievement in mathematics. International Journal of Science and Mathematics Education, 8, 25–50. https://doi.org/10.1007/s10763-006-9057-4
Malalina, M., Putri, R. I. I., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2020). Ethnomatematics: Treasure Search Activity in the Musi River. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 31–40. https://doi.org/10.25217/numerical.v4i1.870
Mania, S., & Alam, S. (2021). Teachers’ perception toward the use of ethnomathematics approach in teaching math. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(2), 282–298. https://doi.org/10.46328/IJEMST.1551
Mania, S., Nur, F., & Amin, B. (2024). Development of Ethnomathematics-Based Mathematical Teaching Materials at the Makassar 99 Kubah Mosque in Facilitating Student Learning Independence. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 15(1), 123–135.
Mar, A., Mamoh, O., & Amsikan, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Manunis Ka’Umnais Suku Uim Bibuika Kecamatan Botin Leobele Kabupaten Malaka. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 155–162. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2446
Maulida, A., Somakim, & Mulyono, B. (2025). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Bari Pesirah Pangkalan Balai untuk Pembelajaran Matematika SMP. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 5(May), 481–493.
Prahmana, R. C. I., & D’Ambrosio, U. (2020). Learning Geometry and Values from Patterns: Ethnomathematics on Batik Patterns of Yogyakarta, Indomesia. 11(3), 439–456.
Purnamasari, W., & Mashuri, S. (2025). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Suku Tolaki Mekongga ( Raha Bokeo ) di Kabupaten Kolaka. 09(339), 539–552.
Rosa, M., Shirley, L., Gavarrete, M. E., & Alangui, W. (2017). Ethnomathematics and its Diverse Approaches for Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/978-3-319-59220-6
Saganta, J., Imron, A., & Arif, S. (2014). Rumah Ulu Pada Masyarakat Adat Komering Di Ogan Komering Ulu Timur. Pesagi : Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah, 2(4).
Yudianto, E., Febriyanti, R. A., Sunardi, S., Sugiarti, T., & Mutrofin, M. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember. Ethnomathematics Journal, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36329
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suchi Pratiwi, Somakim Somakim, Cecil Hiltrimartin (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.