Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Esai Matematika pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers

Authors

  • Haryati Ahda Nasution Politeknik Negeri Media Kreatif Author
  • Ratna Wahyuni Politeknik Negeri Media Kreatif Author

DOI:

https://doi.org/10.33654/math.v10i3.67

Keywords:

kesalahan, konsep, prosedural, fungsi

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk menganalisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal uraian matematika pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Perbaungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek peserta didik kelas XI yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data diantaranya melalui tes uraian kemudian wawancara, selanjutnya dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Selain itu, tingkat kemampuan peserta didik dan persentase jenis kesalahan juga dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa peserta didik mengalami berbagai kesalahan, termasuk kesalahan konsep, prosedural dan  komputasi. Kesalahan konsep terjadi karena peserta didik kurang memahami definisi dan sifat fungsi, sedangkan prosedural muncul akibat kesalahan langkah-langkah penyelesaian soal. Sementara itu, kesalahan perhitungan disebabkan oleh kecerobohan dalam operasi aljabar. Analisis persentase menunjukkan bahwa kesalahan konsep adalah jenis kesalahan yang paling dominan, diikuti oleh kesalahan procedural  dan kesalahan perhitungan . Penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi tenaga pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih tepat untuk mengurangi kesalahan peserta didik dalam memahami dan menyelesaikan soal matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Haryati Ahda Nasution, Politeknik Negeri Media Kreatif

    Jl. Srengseng Sawah Raya No.17, RT.8/RW.3, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Jakarta 12630

  • Ratna Wahyuni, Politeknik Negeri Media Kreatif

    Jl. Srengseng Sawah Raya No.17, RT.8/RW.3, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Jakarta 12630

References

Andini, R., Mahendra, F. E., & Budiarti, M. I. E. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Fungsi Invers pada Kelas XI di SMA Teknologi Kota Sorong. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(2), 101–110.

Anwar, M. W., Kusumaningtyas, W., Rosmaya, R., & Hafizah, A. (2022). Pelatihan Guru Matematika Tingkat SMA/MA Se-Metro dalam Menganalisis Kesalahan Siswa Saat Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Pendekatan Newman. Member: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 33–42.

Hajerina, H., Suciati, I., & Mailili, W. H. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Diferensial Materi Turunan. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 24–33.

Hasanah, L., Amalia, I. N., Wulan, M. A., Berliana, B. S., & Sholeh, F. H. (2022). Aljabar untuk Anak Usia Dini. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 79–84.

Hidayat, B. R. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Ruang Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa (Penelitian Dilakukan di SMA Negeri 7 Surakarta Kelas X Tahun Ajaran 2011/2012) [Undergraduate Thesis]. Universitas Sebelas Maret.

Husnia, H., Nuryami, N., Hotimah, H., & Wahyudi, M. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Fungsi Komposisi Kelas XI SMAN 3 Probolinggo. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 15–29.

Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(2), 210–218.

Jusniani, N. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemahaman Matematis pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), 71–80.

Kolins, A. Y., Wahyuningsih, W., Safrudin, N., & Rusdin, M. E. (2020). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 6(2), 86–95.

Nurfalah, I. A., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMK dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Fungsi. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 31–43.

Nurjanatin, I., Sugondo, G., & Manurung, M. M. H. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Luas Permukaan Balok di Kelas VIII–F Semester II SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 2(1), 22–31.

Pramesti, P., & Ferdianto, F. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Kelas X SMA Negeri 1 Rajagaluh. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 7(2), 74–79.

Rismawati, M., & Asnayani, M. (2019). Analisis Kesalahan Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Ulangan Matematika dengan Metode Newman. J-PiMat, 1(2), 69–78.

Rusdi, R., & Susanta, A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Fungsi Komposisi Kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(2), 194–202.

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(1), 351–360.

Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan Pustaka Systematik: Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 239–256. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.870

Sugianto, A. S., Kurniawan, L. C., Rosyidah, N. A., & Wahyuni, I. (2023). Analisis Kesalahan Siswa SMA/SMK dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Fungsi Komposisi. Indonesian Journal of Science, Technology and Humanities, 1(1), 30–38.

Sulfriani, S., Ikram, M., & Jumarniati, J. (2021). Analisis Kesalahan Konstruksi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi Invers. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 102–106.

Tarigan, A. M. D., & Tasyah, N. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Linear: Identifikasi Pola Kesalahan dan Implikasi Pembelajaran. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(3), 159–164.

Utami, D. N., Kusmanto, B., & Widodo, S. A. (2019). Analisis Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Geometri. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 7(1), 37–44.

Utomo, G. W., Yensy, N. A., Hanifah, H., & Stiadi, E. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Pola Bilangan dan Barisan Bilangan Kelas VIII SMP IT Ma’had Rabbani Bengkulu Tengah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 450–458. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.450-458

Yunita, A., & Pratiwi, R. W. (2022). Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Bulat Kelas VII SMPN 3 Kota Solok. THEOREMS (THE JOuRnal of MathEMatics), 7(2), 163–175.

Published

2024-12-30

How to Cite

Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Esai Matematika pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers. (2024). Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 303-314. https://doi.org/10.33654/math.v10i3.67