Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Interval pada Mata Kuliah Analisis Real Berdasarkan Teori Newman

Authors

  • Stevania Sri Debbye Simbolon Universitas Negeri Medan Author
  • Raissya Adhawina Universitas Negeri Medan Author
  • Jesiska Anjelin Siagian Universitas Negeri Medan Author
  • Cut Rania Andini Universitas Negeri Medan Author
  • Michael Christian Simanullang Universitas Negeri Medan Author

DOI:

https://doi.org/10.33654/math.v11i2.93

Keywords:

analisis kesalahan, soal interval, analisis real, teori Newman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal terkait konsep interval pada mata kuliah Analisis Real berdasarkan teori Newman’s Error Analysis. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek sebanyak 10 mahasiswa Pendidikan Matematika stambuk 2022 Universitas Negeri Medan yang dipilih secara purposive sampling. Objek penelitian adalah kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal interval. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes berupa empat soal esai yang diberikan melalui Google Form. Data dianalisis menggunakan lima kategori kesalahan menurut Newman, yaitu kesalahan membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa melakukan berbagai jenis kesalahan dengan dominasi yang berbeda pada setiap soal. Soal Nomor 2 didominasi oleh kesalahan memahami dan transformasi, soal Nomor 3 oleh kesalahan membaca, serta soal Nomor 4 oleh kesalahan proses dan penulisan jawaban akhir. Temuan ini mengindikasikan bahwa mahasiswa masih mengalami kendala dalam memahami konsep dasar dan notasi matematis dalam pembelajaran Analisis Real.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Stevania Sri Debbye Simbolon, Universitas Negeri Medan

    Jl. William Iskandar Ps. V, Kenagan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara 20221

  • Raissya Adhawina, Universitas Negeri Medan

    Jl. William Iskandar Ps. V, Kenagan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara 20221

  • Jesiska Anjelin Siagian, Universitas Negeri Medan

    Jl. William Iskandar Ps. V, Kenagan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara 20221

  • Cut Rania Andini, Universitas Negeri Medan

    Jl. William Iskandar Ps. V, Kenagan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara 20221

  • Michael Christian Simanullang, Universitas Negeri Medan

    Jl. William Iskandar Ps. V, Kenagan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara 20221

References

Asri, S. D., Siregar, N., & Meldi, N. F. (2024). Tantangan Pembelajaran Matematika: Perspektif Negatif Mahasiswa Terhadap Minat dan Pemahaman Simbol serta Rumus. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 17(2), 163–173.

Ikashaum, F., Mustika, J., Wulantina, E., & Cahyo, E. D. (2021). Analisis Kesalahan Representasi Simbolik Mahasiswa pada Soal Geometri Analitik Bidang. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 9(1), 57–68.

Kusgiarohmah, P. A., Sudirman, S., & Rahardjo, S. (2022). Kemampuan Representasi Simbolik Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia, 6(1), 560–571.

Murtiyasa, B., Ma’rufi, A., & Abdullah, A. B. (2022). Undergraduate Students’ Errors on Interval Estimation Based on Variance Neglect. Jurnal Elemen, 8(1), 161–174.

Newman, M. A. (1977). An Analysis of Sixth-Grade Pupil’s Error on Written Mathematical Tasks. Victorian Institute for Educational Research Bulletin, 39, 31–43.

Ramadanti, F., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Menyelesaikan Soal pada Mata Kuliah Kalkulus I. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 487–494.

Santosa, C. A. H. (2013). Mengatasi Kesulitan Mahasiswa Ketika Melakukan Pembuktian Matematis Formal. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(2), 152–160.

Sucipto, L., & Mauliddin, M. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Memahami Konsep Bilangan Real. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 197–211.

Supriadi, S., Rusani, I., Hidayani, H., & Sira’a, Y. (2024). Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Metode Dual Simpleks. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(1), 80–89.

Suwanti, V., & Fayeldi, T. (2018). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Pembuktian Pernyataan Matematika. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 175–184.

Syafitri, Z., Ria, V., Kamid, K., & Maison, M. (2021). Analisis Kesalahan Penalaran Analogi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika dengan Menggunakan Prosedur Newman Ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia, 5(3), 2998–3008.

Tall, D., & Vinner, S. (1981). Concept Image and Concept Definition in Mathematics with Particular Reference to Limits and Continuity. Educational Studies in Mathematics, 12(2), 151–169. https://doi.org/10.1007/BF00305619

Utami, A. D. (2016). Tipe Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 85–92. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.842

Published

2025-05-30

How to Cite

Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Interval pada Mata Kuliah Analisis Real Berdasarkan Teori Newman. (2025). Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 79-88. https://doi.org/10.33654/math.v11i2.93

Similar Articles

1-10 of 22

You may also start an advanced similarity search for this article.