Pengembangan Flipbook pada Materi Bentuk Aljabar untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep
DOI:
https://doi.org/10.33654/math.v11i2.161Keywords:
flipbook, bentuk aljabar, motivasi belajar, pemahaman konsep, media pembelajaran digitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital berbasis flipbook pada materi bentuk aljabar guna meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep. Adapun latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya pemahaman dan motivasi belajar siswa yaitu dengan terlihatnya nilai dari 17 dari 31 siswa mendapat nilai 55, nilai tertinggi hanya 85, serta terbatasnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di sekolah. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Getasan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi, angket respons, dan tes pretest-posttest. Hasil validasi menunjukkan kriteria “sangat valid” dengan skor validasi materi sebesar 86,1% dan media sebesar 88,1%. Selain itu, kepraktisan media memperoleh skor 90% dari guru dan 80,90% dari siswa. Media ini dinilai mudah digunakan, menarik, dan mampu meningkatkan keterlibatan siswa. Uji Wilcoxon menunjukkan signifikansi 0,000, yang menandakan adanya peningkatan hasil belajar, pemahaman konsep, dan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, flipbook dinyatakan valid, praktis, dan efektif sebagai media pembelajaran.
Downloads
References
Ananda, R. (2017). Perkembangan Teknologi Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Manajemen Kependidikan Dan Keislaman, 6(1), 69–83.
Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Yuliany, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book pada Materi Aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 13–30. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2244
Ekarini, E. D. (2024). Etnomatematika : Bahan Ajar Digital Berbasis Budaya Pekalongan Pada Materi Bentuk Aljabar. 4, 1–11.
Eodytha, P., Purnomo, A., Agustini, K., & Sudatha, I. G. W. (2024). Peran Flipbook Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Abad 21 Peran Flipbook Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Abad 21. 4(11), 2001–2015.
Hidayat, Tofik; Dewi, R. (2023). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Aljabar Berorientasi Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan Heyzine Flipbooks Bernuansa STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 235–243. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Hikmah, N., & Haqiqi, A. K. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Bentuk Aljabar. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(1), 125–140. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3438
Kariani, S. M. (2024). Pengembangan E-Modul Berbantu Digital Software dalam Materi Bentuk Aljabar di Sekolah Menengah Pertama. 4(1), 1–16.
Katarina, C. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PjBL Berbantuan Media Digital Flipbook Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humanior, 2(1), 306–316. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/136%0Ahttps://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/download/136/134
Lestari, D. E., & Suryadi, D. (2020). Analisis Kesulitan Operasi Hitung Bentuk Aljabar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 247. https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.9737
Mareta, D., & Zulkarnaen, R. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Bentuk Aljabar. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 3(1), 6–11. https://doi.org/10.35706/rjrrme.v3i1.12075
Mazarina, M., & Umami, N. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Berbasis Game Kahoot Terhadap Respon Peserta Didik Pada Pembelajaran Ips Kelas Vii Smp Negeri 1 Boyolangu. Jurnal Economina, 2(8), 2011–2018. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.712
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Nadya, A., Shiddiq, S., & Gusmaneli, G. (2024). Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Meningkatkan Strategi Pembelajaran Interaktif di Kelas. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 334–341.
Nasution, Y., Susanta, A., & Zaili, Z. (2023). The influence of problem-based learning model on students’ ability toward understanding mathematics concepts in the material of linear equations one variable. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 235–246. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2110
Putri, Jihan Hidayah; Syarah, Fatma; Matondang, Khoirudin; Damanik, A. S. (2024). Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. 4(2), 27–33.
Ruanda, R., Susanto, H. P., & Qudsiyah, K. (2025). Implementasi Media Pembelajaran E-Flipbook Pada Materi Vektor Kelas X SMK Implementation of E-Flipbook Learning Media on Vector Material in 10th Grade Vocational High School. 6, 1–6.
Sari, M., Elvira, D. N., Aprilia, N., Dwi R, S. F., & Aurelita M, N. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Warta Dharmawangsa, 18(1), 205–218. https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4266
Septia, Y. L., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2021). Pengembangan Media Baret Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 35–47. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.986
Sopiany, H. N., Hakim, D. L., & Yudhanegara, M. R. (2025). Pendampingan Pembuatan Flipbook E-Komik Numerasi Dengan Konteks Aljabar Pada Monumen Rawagede. 6(2), 1305–1312.
Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Desy Ana Asmorowati, Fika Widya Pratama (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.