Analisis Disposisi Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kesebangunan Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin
DOI:
https://doi.org/10.33654/6ekz1931Keywords:
critical thinking disposition, genderAbstract
Penelitian ini membahas tentang disposisi berpikir kritis siswa laki-laki dan perempuan dengan tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan disposisi berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal kesebangunan ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian merupakan siswa kelas IX dengan jumlah 6 siswa, yakni 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan yang dipilih melalui pemilihan subjek. Data penelitian diambil dari hasil tes dan hasil wawancara, yang bertujuan untuk melihat disposisi berpikir kritis siswa serta menggali data dan menglarifikasi data hasil tes. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan disposisi berpikir kritis siswa laki-laki dan siswa perempuan. Siswa laki-laki cenderung kurang terampil dalam menyelesaikan soal, sedangkan siswa perempuan cenderung terampil dalam menyelesaikan soal.
Downloads

Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.