Analisis Disposisi Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kesebangunan Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin

Authors

  • Darmawan Mas’ud Rahman Universitas Negeri Malang Author
  • Sudirman Sudirman Universitas Negeri Malang Author
  • Swasono Rahardjo Universitas Negeri Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.33654/6ekz1931

Keywords:

critical thinking disposition, gender

Abstract

Penelitian ini membahas tentang disposisi berpikir kritis siswa laki-laki dan perempuan dengan tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan disposisi berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal kesebangunan ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian merupakan siswa kelas IX dengan jumlah 6 siswa, yakni 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan yang dipilih melalui pemilihan subjek. Data penelitian diambil dari hasil tes dan hasil wawancara, yang bertujuan untuk melihat disposisi berpikir kritis siswa serta menggali data dan menglarifikasi data hasil tes. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan disposisi berpikir kritis siswa laki-laki dan siswa perempuan. Siswa laki-laki cenderung kurang terampil dalam menyelesaikan soal, sedangkan siswa perempuan cenderung terampil dalam menyelesaikan soal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Darmawan Mas’ud Rahman, Universitas Negeri Malang

    Jl. Cakrawala No.5, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145

  • Sudirman Sudirman, Universitas Negeri Malang

    Jl. Cakrawala No.5, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145

  • Swasono Rahardjo, Universitas Negeri Malang

    Jl. Cakrawala No.5, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145

Published

2024-08-30

How to Cite

Analisis Disposisi Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kesebangunan Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. (2024). Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 171-181. https://doi.org/10.33654/6ekz1931