Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Program Linear Berdasarkan Kriteria Newman
DOI:
https://doi.org/10.33654/math.v11i2.201Keywords:
analisis kesalahan, Newman, program linearAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal cerita terkait program linear berdasarkan kriteria Newman. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan metode purposive sampling, terpilih 20 mahasiswa program studi manajemen stambuk 2024. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis yang terdiri dari 2 soal cerita program linear. Teknik analisis data mengacu pada kriteria Newman. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan penulisan jawaban akhir adalah yang paling sering terjadi, dengan persentase 47,5%. Kesalahan penulisan jawaban akhir ditandai dengan kesalahan menuliskan kesimpulan atau tidak menuliskan kesimpulan. Kesalahan transformasi adalah kesalahan yang paling sedikit dilakukan dengan persentase 12,5%. Berbeda dengan penelitian sebelumnya di mana kesalahan transformasi adalah kesalahan yang paling banyak dilakukan mahasiswa. Kesalahan transformasi ditunjukkan dengan tidak dapat membuat atau keliru membuat model matematika. Kesalahan membaca ditunjukkan dengan salah memaknai informasi kunci pada soal. Kesalahan memahami soal ditandai dengan tidak menuliskan yang diketahui dan ditanyakan. Kesalahan keterampilan proses ditunjukkan dengan kesalahan menggunakan kaidah matematika yang benar, kesalahan perhitungan atau tidak dapat melanjutkan proses penyelesaian.
Downloads
References
Alfirna, A., Baharuddin, B., & Pathuddin, P. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelsaikan Soal Program Linear di Kelas XI MAN 1 Palu Berdasarkan Jenis Kelamin. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 9(4), 363–375.
Astutik, E. P. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linier dengan Metode Simpleks. Jurnal Cendekia, 5(1), 781–788.
Bakar, N. A., Ayub, A. F. M., Ahmad, N. A., & Abdullah, S. (2021). Mathematics achievement: The Relationship Between Student Engagement, _Parental Involvement, and Peer influence. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(5), 496–513.
Brown, J., & Skow, K. (2016). Mathematics: Identifying and Addressing Student Errors. Vanderbilt Peabody College. https://iris.peabody.vanderbilt.edu/wp-content/uploads/pdf_case_studies/ics_matherr.pdf
Febryana, E., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2023). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS berdasarkan teori Newman. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1), 15–27.
Fedorova, G., Borisov, S., Zakharova, S., Makarycheva, I., & Rusakova, T. (2021). Value of the Decision-making Mechanism in Business Management. E3S Web of Conferences, 291, 1–6. https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/abs/2021/67/e3sconf_sdgg2021_07003/e3sconf_sdgg2021_07003.html
Firdaus, F. (2021). Analisis Kesalahan Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Masalah Luas dan Keliling Bidang Datar. Jurnal Publikan, 11(3), 242–250.
Hadi, H. S., Susanti, E., & Turmudi, T. (2022). Struktur Berpikir Siswa Terhadap Kesalahan Membaca Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Defragmentasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3326–3341.
Hadi, S., Retnawati, H., Munadi, S., Apino, E., & Wulandari, N. F. (2018). The difficulties of high school students in solving HOTS problems. Problems of Education in the 21st Century, 76(4), 520–532.
Hasriati, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Semester V Pendidikan Matematika Kelas B pada Mata Kuliah Program Linear di IAIN Palopo [Undergraduate Thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo)]. https://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4262/
Herawati, R., & Marfuah, I. (2021). Analysis of Student Errors in Solving Mathematics Problems at Muhammadiyah Senior High School Special Program of Kottabarat Surakarta City. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3239–3252.
Hidayat, M. I., Supratman, S., & Lestari, P. (2022). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman dan Self-Efficacy Siswa Pesantren dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2099–2109.
Hidayati, D. N., Sulistyani, N., & Pantiwati, Y. (2020). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita Matematika HOTS berdasarkan Teori Newman pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 39–50.
Ismaimuza, D., Idris, M., Rosyidah, A. S., & Rochmaniah, S. (2024). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Berdasarkan Kriteria Newman. Mathema Journal, 6(1), 164–183.
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32. http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Labibah, N., Damayani, A. T., & Sary, R. M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pecahan Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 208–216.
Maass, K., Sorge, S., Romero-Ariza, M., Hesse, A., & Straser, O. (2022). Promoting Active Citizenship in Mathematics and Science Teaching. International Journal of Science and Mathematics Education, 20(4), 727–746. https://doi.org/10.1007/s10763-021-10182-1
Murtafiah, W., Lestari, N. D. S., Yahya, F. H., Apriandi, D., & Suprapto, E. (2023). How Do Students’ Decision-Making Ability in Solving Open-Ended Problems? Infinity Journal, 12(1), 133–150.
Nahak, S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Sepren: Journal of Mathematics Education and Applied, 4(1), 95–105.
Nikmah, S. N., Haeruddin, H., & Asyril, A. (2020). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 91–100.
Nufus, H., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Kelas VII MTs. Jurnal Cendekia, 6(2), 1810–1817.
Nurussafa’at, F. A. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Volume Prisma dengan Fong’S Shcematic Model for Error Analysis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas VIII Semester II SMP IT Ibnu Abbas Klaten Tahun Ajaran 2013/2014) [Undergraduate Thesis, UNS (Sebelas Maret University)]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/abstrak/43284/ANALISIS-KESALAHAN-SISWA-DALAM-MENYELESAIKAN-SOAL-CERITA-PADA-MATERI-VOLUME-PRISMA-DENGAN-FONG-S-SHCEMATIC-MODEL-FOR-ERROR-ANALYSIS-DITINJAU-DARI-GAYA-KOGNITIF-SISWA-STUDI-KASUS-SISWA-KELAS-VIII-SEMESTER-II-SMP-IT-IBNU-ABBAS-KLATEN-TAHUN-AJARAN-20132
Nuzuli, A. K., Sari, R. J., Kurnia, P., & Indah, R. R. (2023). Optimalisasi Peningkatan Keterampilan Manajemen Referensi di dalam Karya Ilmiah dengan Menggunakan Mendeley pada Mahasiswa IAIN Kerinci. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(1), 135–145.
Putri, F. I., & Murtiyasa, B. (2024). Newman’s Error Snalysis (NEA) dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 621–633.
Putri, R. Y., & Sari, R. K. (2024). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dan Berdaya Saing. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1940–1954.
Qodr, N., & Ishartono, N. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMK pada Topik Trigonometri Berdasarkan Teori Newman Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.45017
Rahayu, A. P., Hariyani, S., & Ferdiani, R. D. (2023). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Matriks Berdasarkan Newman. NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), 79–93.
Rahmawati, A. R., Sudirman, S., & Rahardi, R. (2021). Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi dan Persamaan Polinomial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2548–2559.
Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185.
Rian, R., Elissi, W., & Resi, B. bin F. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 5(2), 73–85.
Rohmah, L. M., Romdani, R. W., & Lazuardi, B. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Video Pembelajaran Model PBL Siswa Kelas X BDG SMK Muhammadiyah 4 Kalisat. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 32–44.
Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis problem solving in mathematical Using Theory Newman. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671–681.
Rosmiati, F., & Maya, R. (2021). Penggunaan Tahapan Newman untuk Menganalisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Airtmatika Sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1365–1374.
Samad, M. A., Rahmat, B., Ngkolu, N. W., Hasanah, H. D. P., & Karmila, K. (2023). Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 187–195.
Saputri, M. E. E. (2023). Profil Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.30656/gauss.v6i1.6382
Siagian, A. F., Ibrahim, M., & Supardi, Z. A. I. (2022). The effectiveness of the Creative-Scientific Decision Making Skills (CSDMS) model to practice creative thinking skills and decision making skills. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 3(5), 631–639.
Sinyukova, O. M., Draganyuk, S. V., & Chepok, O. O. (2021). On the Up-to-date Course of Mathematical Logic for the Future Math Teachers. Mathematics and Statistics, 9(3), 335–341.
Sulistyoningrum, E., Kartinah, K., & Sudargo, S. (2021). Profil Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(4), 322–329.
Suwirmayanti, N. L. G. P. (2018). Aplikasi Optimalisasi Produksi Menggunakan Metode Simpleks Berbasis Web. Techno.Com, 17(1), 61–69.
Vania, T., & Winanda, R. S. (2024). Optimasi Perencanaan Produksi Kerajinan Rotan di Angga Furniture Menggunakan Linear Programming. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika, Dan Statistika, 5(1), 300–306.
Wijaya, L. S., Subarinah, S., & Hayatii, L. (2023). Analisis Kesalahan Menurut Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Statistika Ditinjau dari Jenis Kelamin. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 1–8.
Yustitia, V., & Juniarso, T. (2020). Literasi Matematika Mahasiswa dengan Gaya Belajar Visual. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(2), 100–109. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v9i2.5044
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Karina Nurwijayanti, Tri Kurniah Lestari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.