PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS MELALUI MANAJEMEN KELAS DI KELAS 5 SD

  • Latifa Dinar Universitas PGRI Kalimantan
  • Nana Suciati Universitas PGRI Kalimantan
  • Rahidatul Laila Agustina Universitas PGRI Kalimantan
  • Hajjah Rafiah Universitas PGRI Kalimantan
Keywords: penguatan pendidikan karakter, berbasis kelas, manajemen kelas

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek yang penting dalam pembentukan pribadi yang baik pada anak-anak di sekolah dasar. Nilai-nilai karakter alangkah lebih baiknya masuk dalam program pendidikan. Namun, seringkali tantangan muncul dalam implementasi program penguatan pendidikan karakter di sekolah, terutama akibat kurangnya struktur dan kegiatan yang terorganisisr dengan baik. Tujuan dari penelitain ini adalah untuk mengeksplorasi penerapan program penguatan pendidikan karakter berbasis kelas melalui manajemen kelas di Kelas 5 SD. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas VB di SDN Teluk Dalam 3 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program penguatan pendidikan karakter berbasis kelas melalui manajemen kelas memiliki dampak positif terhadap perkembangan karakter siswa di kelas VB. Manajemen kelas yang efektif menciptakan lingkungan kelas yang kondusif untuk pembelajaran dan pengembangan karakter siswa. Program pendidikan karakter yang terintegrasi dengan mata pelajaran dan kegiatan seharihari di kelas juga membantu siswa dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari.

Published
2023-12-27
How to Cite
Latifa Dinar, Nana Suciati, Rahidatul Laila Agustina, & Hajjah Rafiah. (2023). PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS MELALUI MANAJEMEN KELAS DI KELAS 5 SD . Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 3, 142-148. Retrieved from https://jurnal.upk.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/2617
Abstract viewed = 42 times
PDF downloaded = 24 times