PEMBUATAN POHON LITERASI DALAM PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF DI MAN 3 BANJAR SEBAGAI GERAKAN LITERASI SEKOLAH

  • Novia Winda Universitas PGRI Kalimantan
  • Alimuddin A. Djawad Universitas PGRI Kalimantan
  • Erni Susilawati Universitas PGRI Kalimantan
  • Dana Aswadi Universitas PGRI Kalimantan
Keywords: pohon literasi, pembelajaran kreatif produktif, gerakan literasi sekolah

Abstract

Pohon literasi adalah salah satu media pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif untuk membuat suatu karya yang bermanfaat. Pembuatan pohon literasi membuat siswa kreatif dan produktif. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji tentang pembuatan pohon literasi mampu mewujudkan pembelajaran kreatif produktif sebagai salah satu gerakan literasi sekolah (GLS). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) bertujuan menciptakan lingkungan sekolah menjadi lingkungan pembelajar sepanjang hayat agar program membaca bebas dapat berjalan dengan baik, sekolah perlu memastikan bahwa warga sekolah memiliki persepsi dan pemahaman yang sama tentang prinsipprinsip kegiatan membaca bebas dan bagaimana cara pelaksanaan dan pengelolaan program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuatan pohon literasi di MAN 3 Banjar mampu melibatkan siswa secara aktif untuk membuat suatu karya yang bermanfaat. Kegiatan ini membuat siswa kreatif dan produktif. Siswa tidak hanya mampu memahami pohon literasi secara teori, tetapi mereka juga mampu mempraktikannya menjadi sebuah karya nyata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi memiliki peranan yang signifikan dalam pembelajaran kreatif produktif.

Published
2023-12-22
How to Cite
Novia Winda, Alimuddin A. Djawad, Erni Susilawati, & Dana Aswadi. (2023). PEMBUATAN POHON LITERASI DALAM PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF DI MAN 3 BANJAR SEBAGAI GERAKAN LITERASI SEKOLAH . Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 3, 103-108. Retrieved from https://jurnal.upk.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/2601
Abstract viewed = 382 times
PDF downloaded = 102 times