PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR DI SMP NEGERI 1 MALUK KABUPATEN SUMBAWA BARAT

  • Minten Ayu Larassati Universitas Cordova
  • Dewi Seprianingsih Universitas Cordova
  • Yuliadi Universitas Teknologi Sumbawa
Keywords: pendidik, implementasi kurikulum merdeka, platform merdeka mengajar

Abstract

PMM hadir untuk menjadi solusi bagi pendidik dalam IKM, dimana dalam fitur-fiturnya didesain agar pendidik dapat secara mandiri belajar dan berkolaborasi dengan seluruh pendidik di Indonesia. SMP Negeri 1 Maluk dalam IKM masih belum memaksimalkan PMM sehingga pengabdian berfokus pada peningkatan kompetensi pendidik dan pembuatan aksi nyata dan bukti karya. Metode pengabdian adalah workshop IKM asesmen pembelajaran dan penguatan pelajar pancasila, Bimtek PMM dengan pengenalan fitur, pengoprasionl fitur dan pengarahan pengisian konten. Pendampingan pembuatan aksi nyata dan bukti karya. Hasil dari pengabdian ini adalah peningkatan profesionalisme dalam implementasi kurikulum merdeka dengan indikator keberhasilan tersedianya RPP/Modul Ajar/Bahan Ajar Mata Pelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Peningkatan penggunaan PMM dengan indikator semua guru yakni 27 sudah memiliki akun PMM, mengisi pelatihan mandiri, dan 10 guru memiliki karya berupa video dan dokumen, kepala sekolah dan BK memiliki praktek baik, 2 video pelaksanaan pelajar pancasila pengomposan. Terdapat POKJA kurikulum merda di SMP Negeri Maluk dan Komunitas belajar. Pendidik kedepan senantiasa meningkatkan literasi, numerasi dan digitalisasi dalam proses pembelajaran dengan memiliki karya inspiratif disebarkan lewat PMM.

Published
2023-12-22
How to Cite
Minten Ayu Larassati, Dewi Seprianingsih, & Yuliadi. (2023). PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR DI SMP NEGERI 1 MALUK KABUPATEN SUMBAWA BARAT . Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 3, 91-102. Retrieved from https://jurnal.upk.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/2600
Abstract viewed = 63 times
PDF downloaded = 79 times