POTRET PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI ERA 5.0 DI SEKOLAH DASAR

  • Yudha Adrian Universitas PGRI Kalimantan
  • Khairun Nisa Universitas PGRI Kalimantan
  • Arina Wulandari Universitas PGRI Kalimantan
Keywords: kurikulum merdeka, berdiferensiasi, guru, inovasi 5.0

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan gambaran pembelajaran berdiferensiasi pada era 5.0, dimana pembelajaran berdiferensiasi digunakan dalam proses pembelajaran yang berkesesuiaan dengan kurikulum merdeka pada sekolah khususnya Sd, penelitian ini mendeskripsikan bagaimana pembelajaran berdiferensiasi di kelas di mulai dari mempersiapkan proses pembelajaran, berlangsungnya proses pembelajaran, dan asesmen pembelajaran. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan berupa purposive sampling, prosedur yang digunakaan oleh peneliti untuk mengumpulkan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian pada persiapan pembelajaran guru melakukan persiapan dengan menyusun rpp yang diadopsi dari kkg dan saat menyampaikan materi pembelajaran, guru tidak mempertimbangkan kemampuan peserta didik hal ini tidak sejalan dengan prinsip pembelajaran berdiferensiasi. Dalam proses belajar guru melakukan penilaian diagnostik pada peserta didik, akan tetapi tidak diberikan gambaran bagaimana proses penilaian diagnostik pada peserta didik, dalam pembelajaran, penerapan strategi pembelajaran, terlihat kurang inovatif, yang dimana tidak sesuai dengan prinsip pembelajaran berdiferensiasi. Asesmen pembelajaran guru hanya mengunakan penilaian tes tertulis saja. Untuk hasil dari penilaian di ambil dari contoh buku-buku pembelajaran dimana bertolak belakang dengan konsep pembelajaran berdiferensiasi yang menganjurkan asesmen membedakan antara konten, proses, dan produk.

Published
2023-12-22
How to Cite
Yudha Adrian, Khairun Nisa, & Arina Wulandari. (2023). POTRET PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI ERA 5.0 DI SEKOLAH DASAR . Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 3, 80-86. Retrieved from https://jurnal.upk.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/2598
Abstract viewed = 81 times
PDF downloaded = 56 times