IMPLEMENTASI KONSEP LITERASI MODERN DAN KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA DI SEKOLAH

  • Kamariah Universitas PGRI Kalimantan
  • Johan Arifin Universitas PGRI Kalimantan
  • Jamilah Universitas PGRI Kalimantan
Keywords: literasi modern, keterampilan abad 21, pembelajaran bahasa

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia yang berwawasan literasi baru dengan penguatan literasi lama akan berhasil dengan baik apabila guru berwawasan literasi baru. Keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam proses pembelajaran bahasa harus didesain menjadi proses pembelajaran kekinian, kontekstual, tidak sekadar menekankan pada penguatan kompetensi literasi lama, namun harus berwawasan pada penguatan literasi baru yang menyatu dalam penguatan empat keterampilan berbahasa. Di Abad 21 diperlukan orientasi baru kurikulum dengan menambahkan lima kompetensi dalam memasuki era industri 4.0, yaitu peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis, memiliki kreativitas, dan memiliki kemampuan yang inovatif, kemampuan dan keterampilan berkomunikasi, bekerja sama, dan berkolaborasi serta memiliki kepercayaan diri. Sedangkan untuk guru juga ada lima kualifikasi dan kompetensi guru yang dibutuhkan di Abad 21 yaitu educational competence, competence for technological commercialization, competence in globalization. competence in future strategies, dan conselor competence

Published
2023-12-22
How to Cite
Kamariah, Johan Arifin, & Jamilah. (2023). IMPLEMENTASI KONSEP LITERASI MODERN DAN KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA DI SEKOLAH . Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 3, 72-79. Retrieved from https://jurnal.upk.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/2597
Abstract viewed = 80 times
PDF downloaded = 36 times