INOVASI PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL: PENGARUH POSITIF KOMBINASI PENDEKATAN STEAM DAN PJBL TERHADAP PENCAPAIAN AKADEMIK

  • Dinda Candra Yulia Universitas Negeri Jakarta
Keywords: STEAM, PjBL, Pencapaian akademik

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh positif gabungan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dan PjBL (Project-Based Learning) terhadap pencapaian akademik siswa abad ke-21. STEAM mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu dalam pembelajaran, sementara PjBL fokus pada pembelajaran berbasis proyek praktis. Integrasi seni dalam STEAM dan kolaborasi proyek dalam PjBL memotivasi siswa dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, serta sosial. Analisis literatur menunjukkan bahwa integrasi STEAM-PjBL memiliki dampak positif pada pencapaian akademik siswa di berbagai bidang. Hal ini mencakup peningkatan keterampilan sosial, literasi sains, matematika, berpikir kritis, kreativitas, dan pemahaman interdisipliner. Kendati berhasil, implementasi STEAM-PjBL menghadapi tantangan seperti durasi pembelajaran terbatas dan manajemen sumber daya. Dengan perbaikan yang tepat, pendekatan ini dapat mempersiapkan siswa menghadapi masa depan yang penuh tantangan dalam dunia yang terus berubah dan kompleks. Penelitian ini memberikan wawasan tentang efektivitas STEAM-PjBL dalam pendidikan abad ke-21 serta membantu siswa bersaing secara global.

Published
2023-12-22
How to Cite
Dinda Candra Yulia. (2023). INOVASI PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL: PENGARUH POSITIF KOMBINASI PENDEKATAN STEAM DAN PJBL TERHADAP PENCAPAIAN AKADEMIK. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 3, 22-30. Retrieved from https://jurnal.upk.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/2563
Abstract viewed = 25 times
PDF downloaded = 42 times