PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA DI SDN 104193 TANDAM HILIR II

  • Dorawan Lia Sihite Universitas Negeri Medan
Keywords: Guru, Membaca, Gerakan literasi membaca

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  peran  guru  dalam  pembelajaran  untuk meningkatkan literasi membaca. Penelitian  ini  menggunakan  metode  kualitatif  yang  bersifat  deskriptif.  Subjek  yang  digunakan  pada penelitian  ini  adalah  guru, siswa  SDN Tandam Hilir II .Teknik  pengumpulan  data  yang digunakan  dalam  penelitian  ini berupa wawancara  dan  dokumentasi. Hasil  dari penelitian  ini  adalah  Gerakan Literasi Sekolah di SDN 104193 Tandam Hilir khususnya kelas 4 terdiri atas beberapa program seperti membaca Al-quran,  membaca  buku,  perpustakaan,  dan  pojok  literasi.  Peran  guru  dalam  membaca  melalui  GLS  yaitu membimbing  siswa  dalam  menemukan  buku  bacaan  yang  tepat,  sebagai  fasilitator  dengan  memberikan pelayanan  untuk  memudahkan  dalam  proses  pembelajaran,  sebagai  motivator  bagi  siswa  dalam  belajar. Sedangkan  peran  guru  dalam  menulis  yaitu  melatih  siswa  dalam  menciptakan  suatu  karya  tulis,  sebagai fasilitator  dengan  memberikan  rasa  senang  pada  siswa,  dan  mengevaluasi  hasil  kerja  siswa  seperti  kegiatan menulis puisi, pantun dan meringkas.

Published
2023-12-22
How to Cite
Dorawan Lia Sihite. (2023). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA DI SDN 104193 TANDAM HILIR II. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 3, 11-15. Retrieved from https://jurnal.upk.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/2524
Abstract viewed = 64 times
PDF downloaded = 39 times