IDENTIFIKASI LITERASI MEMBACA DI SEKOLAH DASAR

  • Indah Sholatul Khomsah STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu
Keywords: membaca, literasi, kemampuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan dasar membaca dan menulis siswa kelas V SDN 3 Keltasura. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data didasarkan pada Mills dan Huberman dan diawali dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian ini aPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan dasar membaca dan menulis siswa kelas V SDN 3 Keltasura. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data didasarkan pada Mills dan Huberman dan diawali dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Keltasura. Pada saat dilakukan tes untuk mengetahui kemampuan dasar membaca dan menulis siswa kelas V SDN 3 Keltasura, kadarnya sangat bervariasi. Siswa mempunyai peluang 65% membaca dengan cepat dan baik, 55% peluang membaca  baik namun kurang memahami isi, dan 20% peluang siswa  masih gagap ketika membaca. Selain itu, beberapa siswa masih 20% salah mengucapkan huruf.

Published
2024-01-24
How to Cite
Sholatul Khomsah, I. (2024). IDENTIFIKASI LITERASI MEMBACA DI SEKOLAH DASAR. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3). Retrieved from https://jurnal.upk.ac.id/index.php/pgsd/article/view/2629
Abstract viewed = 39 times