Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Banjarmasin dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

  • Namira Novarina Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Kalimantan
  • Yulianti Hidayah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Kalimantan
  • Rabiatul Adawiyah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Kalimantan
Keywords: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL)

Abstract

Pembelajaran Biologi di kelas X SMA Negeri 8 Banjarmasin masih menggunakan metode dan model pembelajaran menonton sehingga siswa kurang aktif dan tidak mau bertanya serta nilai ulangan harian masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Peneliti ingin melakukan penelitian tindakan kelas di SMA 8 Banjarmasin dengan menggunakan  model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar mencapai standar KKM yaitu 75. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Banjarmasin yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada teknik tes untuk hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa maupun guru dalam menggunakan model Problem Based Learning (PBL), dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan 1 mendapatkan persentase 31,25% dan pada pertemuan 2 mendapatkan persentase 61,29%. Siklus II Pertemuan 3 mendapatkan persentase 71,87% dan pada pertemuan 4 mendapatkan 78,78%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal telah tercapai. Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan dari yang kurang baik menjadi sangat baik. Respon siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran biologi materi Keanekargaman Hayati mendapatkan respon yang positif.

References

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 6(1), 45. https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369.

Amna, Nurul. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (BLl) Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 1 Teunom. Skripsi. Unversitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam - Banda Aceh.

A.R.Setiawan. (2019). A study on ecolabeling and Life Cycle Assessment for food products in Indonesia: Potential application to improve the competitiveness of the tea industry. IOP Conf. Ser.: Earth Environ. Sci. 277 012026

Aripin, I. (2018). Potensi Keunggulan Lokal Kabupaten Majalengka dan Pemanfaatannya Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Bio Education, 3(1), 279489, https://core.ac.uk/download/pdf/228883838.pdf


Amilyana, A. S., & Noer, T. K. M. S. (2021). A teaching material based on science,
environment, technology, and society to improve student’s critical thinking skills: Synchronous and asynchronous learning during covid - 19 pandemic. IJORER: International Journal of Recent Educational Research,2 (4), 372 – 391.

Davies, Lynn. “One Size Does Not Fit All:
Complexity, Religion, Secularism and Education.”
Asia Pacific Journal of Education 34, no. 2 (3 April
2014): 184–99.
https://doi.org/10.1080/02188791.2013.875647
Davies, Lynn. “One Size Does Not Fit All:
Complexity, Religion, Secularism and Education.”
Asia Pacific Journal of Education 34, no. 2 (3 April
2014): 184–99.
https://doi.org/10.1080/02188791.2013.875647

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 200
Isrok’atun dan Amelia Rosmala. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Istiningtyas, Rosa Delima. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sedayu Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Juniati, E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Drill dan Diskuisi Kelompok pada Siswa Kelas VI SD, Scholaria, Vol 7 (3): 283-291.

Kolo, Elfrida. dkk. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 2.

Maryanto, K. N., & Saputro, S. P. (2017). The law politics in Indonesia’s Pancasila and citizenship education curriculum revitalization of 2013. Asian Social Science,13(9), 167-173

Mahmudi, I., Atholilah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusumu, A. R, (2022). “Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom”. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507-3514.

Marwati, Desi. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Konsep Sistem Saraf Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Banjarbaru. Skripsi tidak diterbitkan. Banjarmasin: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Program Studi Pendidikan Biologi.

Noviati, wiwi. (2020). Kesulitan Pembelajaran Online Mahasiswa Pendidikan Biologi di Tengah Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 7–11. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.258.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1). https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612.

Resto, Rego. (2021) Problembased Learning VS Sains Teknologi Dalam Meningkatkan Intelektual Siswa. Indramayu: Adap CV Adanu abimata.

Rifani, E. M., (2019). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 16 Hulu Sungai Tengah Pada Materi Pemasan Global.Skripsi.STKIP PGRI Banjarmasin.
Published
2023-12-06
How to Cite
Novarina, N., Hidayah, Y., & Adawiyah , R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Banjarmasin dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Prosiding Seminar Nasional MIPATI, 2(1), Hal 408-418. Retrieved from https://jurnal.upk.ac.id/index.php/mipati/article/view/2634
Abstract viewed = 41 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 52 times