Pengembangan Bahan Ajar Amat (Aplikasi Matematika) Berbasis Android Materi Trigonometri untuk Kelas X

  • Muhammad Ikhsan Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Kalimantan
  • H. Muhammad Royani Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Kalimantan
  • Rahmita Yuliana Gazali Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Kalimantan
Keywords: Aplikasi Android, Pengembangan Bahan Ajar, Trigonometri

Abstract

Banyak inovasi yang dilakukan oleh peneliti sebelumnya yang menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan teknologi android dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis android pada materi trigonometri kelas X yang layak ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan (R&D) ini adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analisis (Analiysis), desain (Design), pengembangan (Development), uji coba (Implementation), dan (Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Marabahan dengan subjek sebanyak 21 orang peserta didik dari kelas X 6. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, angket respon peserta didik, lembar validasi materi, media, dan bahasa. Teknik analisis data yang digunakan adalah mengubah data yang diperoleh berupa data kuantitatif menjadi data kualitatif. Setelah dilakukan analisis data yang diperoleh dari instrumen penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan yaitu bahan ajar Amat (Aplikasi Matematika) berbasis android pada materi trigonometri dapat dikatakan layak ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dengan nilai sangat valid, praktis, dan efektif serta dapat digunakan sebagai bahan ajar pada materi trigonometri di kelas X.

References

Abdullah R,. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 12(2), 216-231.

Adelianti S., dkk., (2018). Pengembangan E-Comic Matematika Berbasis Teknologi sebagai Suplemen Pembelajaran pada Aplikasi Fungsi Kuadrat. Kadikma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 123-130.

Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fidiantara, F., dkk., (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Android Terintegrasi Game. Logika. Jurnal Ilmia Profesi Pendidikan, 7(3), 1086-1097.

Hulwanu, A. Z., dkk., (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Android Matematika dengan Pendekatan STEM pada Materi Trigonometri. Jurnal Cendika: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2) , 2255-2269.

Kosasih, E., (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kristiani, dkk., (2023). Analisis Kesalahan Siswa pada Perbandingan Trigonometri Berdasarkan Teori Newman. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 9(1), 41-53.

Made I T. & Made I K., (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Oendidikan Dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 12-26.

Nieeven, N,. (1999). Prototype to Reach Product Quality. Jan Van den Akker, Robert Maribe, Ken Gustafson, adn Tjeerd Plomp (Ed). London: Kluwer Academic Plubishers.

Nihayah, Z., dkk., (2006) Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Tecnology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal:Jurnal Matematika, 1(2), 165-172.

Nurhayati. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Matematics Peadagogic, 2(1), 61-68.

Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP UPI. (2007). Ilmu & Aplikasi Pendidikan Bagian 2 Ilmu Pendidikan Praktik. Banfung: PT. IMTIKA.

Safitri, D., dkk., (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android di Kelas 4 Sekolah Dasar. Lebesgue: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(2), 63-75.

Salbino, S. (2014). Buku Pintar Gadget Android untuk Pemula. Jakarta: Kunci Komunikasi.

Santoso, D., dkk., (2021). Matematika untuk SMA/SMK Jekas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Rahmadani, H., dkk., (2018). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berbasis Teknologi Informasi (TI) di SMA IT Al Bayyinah Pekanbaru. Juring: Jurnal of Reseach in Mathematics Learning, 1(1), 91-98.

Wardhani, S., (2010). Teknik Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika di SMP/MTs. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2023-12-06
How to Cite
Ikhsan, M., Royani, H. M., & Gazali , R. Y. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Amat (Aplikasi Matematika) Berbasis Android Materi Trigonometri untuk Kelas X. Prosiding Seminar Nasional MIPATI, 2(1), Hal 336-348. Retrieved from https://jurnal.upk.ac.id/index.php/mipati/article/view/2619
Abstract viewed = 60 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 51 times