Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Pemanasan Global Kelas X-G MAN 2 Kota Banjarmasin

  • Rusinah Rusinah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Kalimantan
  • Siti Ramdiah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Kalimantan
  • Rabiatul Adawiyah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Kalimantan
Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar, Pemanasan Global

Abstract

Berdasarkan hasil observasi ditemukan beberapa kelemahan seperti, siswa kurang aktif pada saat pembelajaran, siswa kurang memperhatian pembelajaran, dan mendapatkan nilai rendah pada materi pemanasan global. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning oleh guru dan respon siswa pada materi pemanasan global dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di kelas X-G MAN 2 Kota Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Subjek penelitian siswa kelas X-G MAN 2 Kota Banjarmasin yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data ada 3 yaitu, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan model Disovery Learning diperoleh: (1) Hasil belajar kognitif siswa ketuntasan post-test pada siklus I pertemuan 1 dan pertemuan 2 ketuntasan klasikalnya 46,87% dan 61,29% tidak tuntas. Pada siklus II hasil post-test pada siklus II pertemuan 3 dan pertemuan 4 ketuntasan klasikalnya 75% dan 90,32% tuntas; (2) Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 rata-rata 58,82 (kategori kurang). Pertemuan 2 rata-rata 72,05 (kategori baik) mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 3 rata-rata 85,29 (kategori baik). Pertemuan 4 rata-rata 95,58 (kategori baik sekali); (3) Keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning oleh guru pada siklus I pertemuan 1 rata-rata 70,58 (kategori baik). Pertemuan 2 rata-rata 79,41 (kategori baik) mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 3 jumlah nilai 60 dan rata-rata 88,23 (kategori baik). Pertemuan 4 jumlah nilai 66 dan rata-rata 97,05 (kategori baik sekali); (4) Respon positif terhadap semua pertanyaan mengenai model pembelajaran Discovery Learning pada materi pemanasan global yang menjawab Ya rata-rata 73,22 sedangkan yang Tidak rata-rata 26,77.

References

Arikunto Suharsimin. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.

Aqib Zainal. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) SMA/MA-SMK/MAK. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Afandi. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Abdjul Dian. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Buntulia.(Online),(https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/967/688 diakses 23 Maret 2023).

Abija. (2023). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Kota Ternate. (Online), (https://ejournal.unkhair.ac.id/index. php/bioedu/article/download/5890/3906 diakses 27 Juli 2023)

Deviana Itha, Baso Intang Sappaile, Triyanto Pristiwaluyo. (2021). Hasil Belajar dari Prespektif Dukungan Orang Tua dan Minat Belajar Siswa. Sulawesi Selatan:GlobalRCI.(Online),(https://www.researchgate.net/publication/358888621_Hasil_Belajar_dari_Perspektif_Dukungan_Orangtua_dan_Minat_Belajar_Siswa_i/link/621ada242542ea3cacb45573/download pdf,diakses 24 Maret 2023).

Darusyamsu Rahmawati. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA dengan Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. (Online),(https://scholar.google.com/scholar?start=20&q=penerapan+discovery+learning+biologi+x+2022&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1681636903195&u=%23p%3DOuFE33OtgygJdiakses 16 April 2023).

Fadillah. (2021). Kegiatan Belajar-Mengajar Yang Efektif Dengan Melibatkan SiswaSecaraAktif.(Online),(https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/kegiatan belajarmengajar-yang-efektif-dengan-melibatkan-siswa-secara-aktif/ diakses 11 April 2023).

Hermawati. (2019). Pengukuran Hasil Belajar Menggunakan Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Cimahi. (Online) https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jamika/article/download/2244/1535/ diakses 29 Juni 2023.

Jalaludin. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Prinsip dan Praktik Instrumen Pengumpulan Data). Surabaya: CV Pustaka MediaGuru (Online), http://repository.uinjambi.ac.id/10761/1/Artikel%202%20Buku%20PTK.pdf diakses 16 April 2023)

Kusumah Wijaya, Dwitagama Dedi. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Barat: PT Indeks

Krisdianti N.R, Puspaningsih A.R dan Tjahjadarmawan E. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMA Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta:PT Raja Grapindo Persada.

Nafiati. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. (Online), (http://repository.uki.ac.id/4908/1/PEMANASANGLOBAL.pdf, diakses 16 April 2023).

Mulyani. (2021). Pemanasan Global,Penyebab,Dampakdan Antisipasinya (Online), http://repository.uki.ac.id/4908/1/PEMANASANGLOBAL.pdf diakses 16 April 2023).

Masdariah, Nurhayati B, Rachmawaty. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI IPA2 SMAN 11 Luwu Utara (Online), http://eprints.unm.ac.id/13075/1/JURNAL%20TESIS.pdf diakses 29 Juni 2023.

Purbowati Deni. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. (Online), (.https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-hasil- belajar-siswa diakses 11 April 2023).

Pusporini Windowati. (2021). Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta :Nuta Media. (Online), (https://journal.ustjogja.ac.id/download/ widowati_buku_2.pdf, diakses 11 April 2023).

Puspitasari Tita. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Kelas X (Online),(https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/14018 diakses 16 April 2023).

Simanjuntak. (2020). Diktat Belajar dan Pembelajaran. (Online), (https://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/6666/Diktat%20Belajar%20dan%20Pembelajaran.pdf?sequence=1 pdf, diakses 24 Maret 2023).

Subudi. (2023). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi sebagai Dampak PenerapanModelDiscoveryLearning.(https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJI/article/download/54410/2462, diakses 25 Juli 2023).

Sundari. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan Model Discovery Learning.(https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/BIOEDUSAINS/article/view/449/256(diakses 25 Juli 2023).

Sutoyo. (2020).Teknik Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Surabaya: UNISRI Press.(Online),(http://sirisma.unisri.ac.id/berkas/1Siap%20CETAK_Pak%20Sutoyo%20PTK_April%202020.pdf, diakses 26 Maret 2023).

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Widayati. (2021). Mengenal Model Pembelajaran Discovery Learning (Online), (https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/mengenal-model-pembelajaran discovery-learning/pdf, diakses 24 Maret 2023).
Published
2023-12-06
How to Cite
Rusinah, R., Ramdiah, S., & Adawiyah, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Pemanasan Global Kelas X-G MAN 2 Kota Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional MIPATI, 2(1), 281-295. Retrieved from https://jurnal.upk.ac.id/index.php/mipati/article/view/2611
Abstract viewed = 82 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 44 times