ANALISIS METODE PEMBELAJARAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) DITINJAU DARI LAMA MENGAJAR GURU MATEMATIKA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 9 JOMBANG

  • Nur Lia Khasanah Universitas PGRI Jombang
  • Arizqa Diani Sabillah Universitas PGRI Jombang
  • Firdausi Nuzula Universitas PGRI Jombang
  • Edy Setiyo Utomo Universitas PGRI Jombang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Pedagogical Content Knowledge guru mengajar  matematika  pada meteri  turunan fungsi  trigonometri atau aturan  rantai, yang  ditinjau dari lama guru mengajar matematika. Subjek penelitian  ini terdiri  atas  guru matematika  yang mengajar  di Madrasah  Aliyah Negeri 9 Jombang, dengan kriteria guru lama mengajar kurang dari lima tahun. Jenis penelitian ini adalah jenis kualitatif. Penelitian ini mengungkapkan bahwa guru dapat  menjelaskan fakta, konsep  dan  pengetahuan  kepada  siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Dimana penelitian  dilakukan  pada  siswa  kelas  X11 MIA2  Madrasah  Aliyah  Negeri  9 Jombang.  Dalam  memberikan  pembelajaran  matematika  guru menggunakan pendekatan saintific dan media pembelajaran yang bervariasi seperti powerpoint berupa print out.

References

Arkim T, Fisika P, Dharma US. Pedagogical Content Knowlegde : Sebuah Konstruk untuk Memahami Kinerja Guru di Dalam Pembelajaran. 2015;(April):7–12.
Hamid A. Guru Profesional. Al-Falah J Ilm Keislam dan Kemasyarakatan. 2017;17(2):274–285. doi:10.47732/alfalahjikk.v17i2.26
Hapsari N, Abidin Z, Arip AG. Analisis Faktor Jenis Kelamin, Usia dan Lama Bekerja Terhadap Kemampuan TPACK Guru IPA SMP di Kota Cirebon. Quagga J Pendidik dan Biol. 2022;14(2):113–123. doi:10.25134/quagga.v14i2.4942
Holekhah P. PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE ( PCK ) CALON GURU MATEMATIKA TESIS Diajukan Kepada Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Magister Pendidikan Oleh PUTRI SOLEKHAH. Published online 2020.
Makaraka A, Ilyas M, Ma’rufi M. Analisis Pedagogical Content Knowledge (Pck) Mahasiswa Perempuan Calon Guru Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Prestasi Akademik. Prox J Penelit Mat dan Pendidik Mat. 2021;4(2):56–63. doi:10.30605/proximal.v4i2.1336
Matematika G, Praktik D. ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE ( PCK ) GURU MATEMATIKA DAN PRAKTIK PEMBELAJARANNYA. 2015;1(1):58–71.
Matematika P, Sekolah DI. ANALISIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT. Published online 2016:47–60.
Nashrullah M, Sartika SB, Efendi N. The Analysis of Pedagogical Content Knowledge (PCK) at Natural Science Teachers in SMP Negeri 4 Sidoarjo. SEJ (Science Educ Journal). 2022;6(1):49–59. doi:10.21070/sej.v6i1.1622
Restiana N, Pujiastuti H. Pengukuran Technological Pedagogical Content Knowledge untuk Guru Matematika SMA di Daerah Tertinggal. Mosharafa J Pendidik Mat. 2019;8(1):83–94. doi:10.31980/mosharafa.v8i1.407
Rosida U, Pratiwi RM, Natagara SF, et al. Pengaruh lama pengalaman mengajar terhadap keterampilan menjelaskan seorang guru. J Integr dan Harmon Inov Ilmu-Ilmu Sos. 2023;3(6):636–640. doi:10.17977/um063v3i6p636-640
Published
2023-12-06
How to Cite
Nur Lia Khasanah, Arizqa Diani Sabillah, Firdausi Nuzula, & Edy Setiyo Utomo. (2023). ANALISIS METODE PEMBELAJARAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) DITINJAU DARI LAMA MENGAJAR GURU MATEMATIKA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 9 JOMBANG. Prosiding Seminar Nasional MIPATI, 2(1), Hal 261-270. Retrieved from https://jurnal.upk.ac.id/index.php/mipati/article/view/2608
Abstract viewed = 10 times
Pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 11 times