MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS XI IPS 3 SMAN 8 BANJARMASIN

  • Sinta Aisyah Kumala Sari Universitas PGRI Kalimantan
  • Rezky Nefianthi Universitas PGRI Kalimantan
  • Syahbudin Universitas PGRI Kalimantan

Abstract

Penelitian tindakan kelas melalui model discovery learning pada konsep sistem pencernaan manusia di SMAN 8 Banjarmasin di latar belakangi oleh keterbatasan model pembelajaran. Kemampuan guru menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar berperan penting untuk menciptakan belajar yang bermakna sehingga aktivitas dan hasil belajar yang masih rendah dapat meningkat. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, mengetahui respon siswa da peningkatan hasil belajar siswa terhadap model pembelajaran discovery learning pada konsep sistem pencernaan.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang di laksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian yang digunakan ialah siswa kelas XI IPS 3 SMAN 8 Banjarmasin dengan jumlah 35 orang siswa. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, observasi dan angket. Teknik data yang digunakan secara deskriptif melalui persentase.Terdapat peningkatan yang dapat dilihat pada hasil belajar siswa yang menujukkan, ketuntasan klasikal pada siklus I pertemuan 1 sebesar 51,43% pada pertemuan 2 sebesar 57,14% dan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 65,71%, pada pertemuan 2 sebesar 88,57%. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan 1 sebesar 50,58% pada pertemuan 2 sebesar 61,47% dan siklus II aktivitas siswa pada pertemuan 1 sebesar 73,23%, pada pertemuan 2 sebesar 81,47%. Keterlaksanaan proses pembelajaran mengalami peningkatan terlihat pada siklus I pertemuan 1 sebesar 67,8% pada pertemuan 2 sebesar 83,9% dan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 89,28%, pada pertemuan 2 sebesar 91%. Dan siswa memberikan respon 91,67% positif terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning pada materi sistem pencernaan.

References

Amin, M. (2019). “Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Bireun Pada Materi Teknik Pengelasan Busur Manual”. Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 7(4), 503-511.

Dakhi, O. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar. Educativo: JurnalPendidikan, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.2

Dwikoranto, D., Setiani, R., & Widiasih, W. (2021). The effect of pjblonline platform on student collaboration skills and basic science process skills during the Covid-19 Pandemic. In Journal of Physics: Conference Series(Vol. 2110, No. 1, p. 012021). IOP Publishing.

Fajri, Z. 2019. “Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meninngkatkan Prestasi Belajar Siswa SD”. Jurnal Ika/Vol.7 No.2.

Gulo, A. 2022. “Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem”. Jurnal Pendidikan/Vol.1 No. 1.

Helyati. S. Wardhani. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Sel. Jurnal Pendidikan Biologi/Vol 3 No 2.

Lokaria, E., Harmoko, dan P. Lestari. 2021. “Pengaruh Model Discovery Learning Pada Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Budi Utomo”. Jurnal Presfektif Pendidikan/Vol.15 No.2.

Lubis, M. A. 2020. “Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)”. Jakarta: KENCANA.

Masril, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). “Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kurikulum 2013 Di SMK Negeri 2 Padang”. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12 (1), 12-25.

Mujiburahman. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Soswa Kelas VIII MTsN 1 Hulu Sungai Utara Tentang Haji dan Umrah Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning”. Jurnal Pendidikan Hayati/Vol. 6 No.2.

Nur’aini, A., Darusyamsu. 2022. “Peningkatan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA dengan Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning”. Jurnal Pendidikan Hayati/Vol 17 No.1.

Rahma, S., Subchan, W., & Susarti. (2022). “Penerapan Discovery Learning Berbantu Google Lens Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup”. Jurnal Teknologi Pendidikan/Vol. 11 No.2.

Rendy, R. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Pengelasan Kelas XI SMK Negeri 1 Trowulan”. Jurnal LenteraBio/Vol 11 No.

Rismawati, M. 2020. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika. 203-2012.

Salmi. (2019). “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta”. Jurnal Profit, 6(1), 1–16.

Samadun, S., & Dwikoranto, D. (2022). Improvement of student's critical thinking ability in physics materials through the application of problem-based learning. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 3(5), 534-545.

Sani, Rismawan Abdullah. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Sitoresmi, A. R. 2021. “Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli, Simak Fungsi dan Tujuannya”. Retrieved from liputan6.com.

Thorsett, P. (2021). ”Discovery Learning Theory A Primer for Discussion”. http://limfabweb.weebly.com/uploads/1/4/2/3/14230608/bruner _and_discovery_learning.pdf

Utami, Hari Indah dkk. (2021). “Pendidikan Dasar Inklusif Teori dan Implementasi”. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani (CV. Bintang Surya Madani). Sunan Ampel Surabaya. Indonesian Journal of Science Learning, 1(1), 32–36”. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/ijsl.v1i1.633

Widia. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS SMA Negeri 9 Gorontalo Utara”. Jurnal Ekonomi/Vol 1 No 4.

Yunus, I. A., Yunginger, R., Mursalin, M., Paramata, D. D., Setiawan, D. G. E., & Odja, A. H. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Crosword Puzzle Dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gelombang Bunyi Di SMAN 1 Boliyohuto. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 210– 217. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.32.63

Zebua, Y., Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbasis Drill and Practice Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Pemindahan Tanah Mekanis. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 8
Published
2023-12-06
How to Cite
Sinta Aisyah Kumala Sari, Rezky Nefianthi, & Syahbudin. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS XI IPS 3 SMAN 8 BANJARMASIN . Prosiding Seminar Nasional MIPATI, 2(1), Hal 222-240. Retrieved from https://jurnal.upk.ac.id/index.php/mipati/article/view/2586
Abstract viewed = 61 times
Pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 35 times