A Systematic Review: Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Rentang 2019-2023

  • Leny Nuraeni Universitas Negeri Semarang
  • S. B. Waluya Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian primer terkait implementasi model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa telah banyak dilakukan. Penelitian-penelitian tersebut perlu diidentifikasi, dianalisis perkembangannya, dan ditarik kesimpulan secara umum sehingga dapat dimanfaatkan sebagai saran bagi kemajuan peneliti dan praktisi di bidang pendidikan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tren penelitian dengan mengidentifikasi dan mengklasifikasikan seluruh hasil penelitian yang berkaitan dengan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada tahun 2019-2023. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Terdapat 14 artikel terkait yang dianalisis dalam penelitian ini. Hasil SLR ini menunjukkan penelitian implementasi pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa paling banyak dilakukan pada tahun 2019 dan 2021 serta subjek penelitian terbanyak pada siswa   SMP/MTs. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Besaran efek dari 14 artikel terkai yang dianalisis menunjukan klasifikasi sedang dan besar. Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi para peneliti dalam melakukan penelitian dan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

References

Abrami, P. C., Bernard, R. M., Borokhovski, E., Wade, A., Surkes, M. A., Tamim, R., & Zhang, D. (2008). Instructional Interventions Affecting Critical Thinking Skills and Dispositions: A Stage 1 Meta-Analysis. In Review of Educational Research (Vol. 78, Issue 4, pp. 1102– 1134). American Educational Research Association (AERA). https://doi.org/10.3102/0034654308326084
Ahdhianto, E., & Nurfauzi, Y. (2021). Improving Fifth-Grade Students Mathematical
Problem-Solving and Critical Thinking Skills Using Problem-Based Learning. 8(5),
2012–2021. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080539
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Reseach method in education. Routledge Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.4324/9780203029053
Cooper, H., Hedges, L. V., & Valentine, J. C. (2019). The handbook of reserch synthesis and meta-analysis (3rd ed.). Russel Sage Foundation. https://doi.org/10.7758/ 9781610448864
Dewantara, D., & Wati, M. (2019). The Effect of Problem Based Learning on Mathematical Critical Thinking Skills of Junior High School Students The Effect of Problem Based Learning on Mathematical Critical Thinking Skills of Junior High School Students. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1397/1/012082
Facione, P. A., & Gittens, C. A. (2015). Mapping Decisions and Arguments. Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 30(2), 17-53.
Fatmawanti, I. D., & Istihapsari, V. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Materi Segiempat Segitiga. 1–11. Fathurrohman, M. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hadi, F. R. (2021). Efektifitas Model Pbl Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V SD. 5, 6644–6649.
Haerani, I., Winarti, W., & Muftianti, A. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING 02(01), 26–32.
Idris, A., Suratno, J., & Jalal, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Operasi Himpunan. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 3(1).
Ilie, M. D., Maricuțoiu, L. P., Iancu, D. E., Smarandache, I. G., Mladenovici, V., Stoia, D. C.
M., & Toth, S. A. (2020). Reviewing the research on instructional development programs for academics . Trying to tell a different story : A meta-analysis. Educational Research Review, 30, 100331. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100331
Kusumawardani, N. N., Rusijono, R., & Dewi, U. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 725–736. https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3217
Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4(1), 64-72.
Maulidiya, M., & Nurlaelah, E. (2019, February). The effect of problem based learning on critical thinking ability in mathematics education. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 4, p. 042063). IOP Publishing.
Nuha. M. F., Winarti, E. R., Mastur (20192). Pembelajaran Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 5, 461-466
OECD (2019), Education at a Glance 2019: OECD Indicators, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/f8d7880d-en.
Pardi, M. H. H. (2021). Kemampuan berpikir kritis siswa madrasah dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Problem based Learning ( PBL ) di Lembaga Pendidikan Islam. 01(02), 88–100.
Prihono, E. W., Khasanah, F., Konvensional, P., Berpikir, K., & Matematis, K. (n.d.).
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP. 2759, 74–87. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078
Ramadhanti, F. T., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11 (1)(1), 667–682. https://doi.org/10. 24127/ajpm.v11i1.4715
Ratnawati, D., Handayani, I., Hadi, W., Studi, P., Matematika, P., Muhammadiyah, U., & Hamka, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Question Card terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP The Influence of PBL Model Assisted by Question Card toward Mathematic Critical Thinking in JHS. 10(September).
Samura, A. O., Juandi, D., & Darhim. (2020). Improving mathematical critical thinking skills through problem-based learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1521, Issue 3, p. 032102). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032102
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Argareta, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42.
Sitompul, N. N. S. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp kelas ix. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45-54.
Susilo, B., Darhim, D., & Prabawanto, S. (2018). Supporting Activities for Critical Thinking Skills Development Based on Students' Perspective. In Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things. European Alliance for Innovation (EAI).
Published
2023-12-06
How to Cite
Leny Nuraeni, & S. B. Waluya. (2023). A Systematic Review: Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Rentang 2019-2023. Prosiding Seminar Nasional MIPATI, 2(1), Hal 186-204. Retrieved from https://jurnal.upk.ac.id/index.php/mipati/article/view/2584
Abstract viewed = 96 times
Pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 48 times