Pengembangan Media Komik Pada Materi Kesebangunan Dan Kekongruenan Kelas IX SMP

  • Wulan Sari Universitas PGRI Kalimantan
  • Dina Huriaty Universitas PGRI Kalimantan
  • Abdul Jabar Universitas PGRI Kalimantan
Keywords: Pengembangan, Media Komik, Kekongruenan dan Kesebangunan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih banyak siswa yang belum memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan. Media pembelajaran yang digunakan guru di sekolah belum bervariasi sehingga siswa kurang bersemangat belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media komik ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pada materi kesebangunan dan kekongruenan kelas IX SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pada penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996) terdiri atas 5 tahap yaitu: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX D SMP 30 Banjarmasin dengan jumlah siswa yakni 29 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi, tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan media komik matematika materi kesebangunan dan kekongruenan. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa media komik matematika yang dikembangkan layak digunakan dengan kategori valid, praktis dan efektif.

References

Astuti, R. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Materi Kordinat Kartesius dengan Penerapan Pembelajaran Student Teams Achievment Devition. Science: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 2(1), 77-85.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic
Education Journal, 3(1), 35-42.

Defina, D. (2018). Model Penelitian dan Pengembangan Materi Ajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 36-51.

Defina, S. S. BIPA dan MKWK Bahasa Indonesia: Penelitian dan Pengembangan Materi
Ajar di IPB. PT Penerbit IPB Press.
Dewi, K., Sadia, W., & Ristiati, N. P. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa
terpadu dengan setting inkuiri terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kinerja ilmiah siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).

Faiza Budiarti, N. (2022). Keanekaragaman Struktur Komunitas Makrozoobentos pada Substrat dan Limbah yang Berbeda sebagai Bahan Ajar Mata Kuliah Ekologi Hewan (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Galing, G. N. (2019). Deformasi Karakter pada Komik-Web 7 Wonders Karya Metalu
(Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal
Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190.

Hidayatullah, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Adobe Flash pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret Kelas XII SMA Negeri 16 Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan media komik pembelajaran matematika meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia,
3(1), 84-96.

Indrawati, F. (2015). Pengaruh kemampuan numerik dan cara belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3).

Komariah, I., & Sundayana, R. (2017). Meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa dengan menggunakan media domat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3),
323-332.
Kusumastuti, E. E. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Pada Konsep Kesebangunan Di SMP Negeri 4 Jakarta Kelas IX 3
Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan, (3): 171.

Lestari, I., Khotimah, K., & Ningsih, E. F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Program Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 49-60.

Listiarti, D. F. Pengaruh media boneka tangan terhadap keterampilan menceritakan kembali cerita fabel siswa Kelas VII SMPN 2 Solear Kabupaten Tangerang Tahun Pelajaran
2018/2019 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

MaĆ¢, S. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar?. HELPER: Jurnal Bimbingan dan
Konseling, 35(1), 31-46.

Maharsi, I. (2011). Komik. Yogyakarta: Dwi-Quantum.

Munawaroh, I. (2015). Urgensi Penelitian dan Pengembangan. Studi Ilmiah UKM Penelitian,
1(1), 1-5.

Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Nurhayati, I., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2019). Pengembangan Media Media Komik Digital Pada Pembelajaran PPKN di SMA. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 6(1).

Nuroeni, R. (2013). Pengembangan Multimedia Komik Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Untuk Bahan Ajar KPK dan FPB Pada Sisa Kelas IV Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Pendidikan Matematika-FKIP).
Pakpahan, A. F., dkk (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. Prawira, Purwa Atmaja. 2013. Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-
Ruzz Media

Puspitasari, W. T., & Wulandari, S. S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Siswa Kelas XI di SMK PGRI 3 Blitar. Journal of Office Administration: Education and Practice, 2(1), 51-61.
Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic literature review: Media komik dalam
pembelajaran matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30-43.

Putra, R. W. (2021). Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam Penerapan. Yogyakarta: Andi


Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.


Rijal, A. (2021). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Siswa
Kelas V Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 79-90.

Rochmad, R. (2012). Desain model pengembangan perangkat pembelajaran matematika.
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72.

Rosmiati, M., & Sitasi, C. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma: Jurnal Komputer Dan Informatika Univiersitas Bina Sarana Informatika, 21(2), v21i2.

Sanjaya, H. W. (2012). Media komunikasi pembelajaran. Prenada Media. Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia. Sidharta, A. (2005). Media pembelajaran. Bandung: Departemen Pendidikan.
Sigit Tri Guntoro, S. S. (2011). Aplikasi Konsep Kesebangunan dalam pembelajaran
Matematika SMP. Yogyakarta: PPPPTK MATEMATIKA.
Siregar, N., & Nara, H. (2015). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Ghalia Indonesia.

Sishertanto, T. (2016). Latih Gambar Dasar-dasar Komik. Jakarta: Gramedia Widiasarana
Indonesia.


Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Suarsana, I. M. (2013). Pengembangan e-modul berorientasi pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2).

Tauhid. (2021). Strategi Cerdas dalam Pengembangan, Inovasi dan Perubahan Organisasi.
Jawa tengah: Lakeisha.


Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.


Widoyoko, S. E. P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Pustaka Pelajar.

Witanta, V. A. (2018). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Published
2023-12-06
How to Cite
Sari, W., Huriaty, D., & Jabar, A. (2023). Pengembangan Media Komik Pada Materi Kesebangunan Dan Kekongruenan Kelas IX SMP. Prosiding Seminar Nasional MIPATI, 2(1), Hal 75 - 86. Retrieved from https://jurnal.upk.ac.id/index.php/mipati/article/view/2542
Abstract viewed = 181 times
Pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 118 times