Systeamtic Literature Review: Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning

  • Novian Aditya Praja Universitas Negeri Semarang
  • S. B. Waluya Universitas Negeri Semarang
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendidikan Matematika, Problem Based Learning

Abstract

Pendidikan matematika menjadi pilar yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, maka dari itu diharapkan siswa memiliki kemampuan matematika yang baik, salah satunya yaitu kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa pada abad 21. Penelitian ini akan mengkaji secara literatur dengan metode systematic literature review terkait bagaimana pengaruh pembelajaran menggunakan problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Kriteria literatur yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa artikel jurnal yang paling tidak terindeks Sinta atau Google Scholar dengan rentang tahun publikasi 5 tahun terakhir (tahun 2019-2023). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, mengkaji, serta membuat kesimpulan terkait keseluruhan dari hasil penelitian yang berkaitan dengan pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada matematika. Berdasarkan hasil analisis dari literatur-literatur mengenai pembelajaran model problem based learning dan kemampuan pemecahan masalah dapat disimpulkan bahwa model problem based learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Pembelajaran dengan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

References

Barrett, T et al., (2005). Handbook of Enquiry & Problem Based Learning. Barrett, T., Mac Labhrainn, I., Fallon, H. (Eds). Galway: CELT.
Dea Aurelya Nasution C., Dahlia, Latifah Zahari C. (2023), Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Aktivitas Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning), JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), Vol. 6, No. 1, Maret 2023, halaman 61-68.
Dwi Anggraeni E., Deswita Y., Robithoh S. (2023), Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan PowerPoint Interatif Terintegrasi Geogebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, dan Statistika, Vol. 4, No. 1, April 2023, halaman 432-445.
Ermayeni S., Jufri L., Melisa M. (2020), Effect of The Application of The Problem Based Learning Model to The Mathematical Problem Solving Ability, EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching, Vol. 9, No. 1, page 74-79.
Haqiqi A., Syarifa S., (2021), Keefektifan Model Problem Baesd Learning Berbantuan Video dalam Liveworksheets terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), Volume 4, Nomor 2, halaman 193-210.
Hasrawati, Ikhsan M., Hajidin, (2019), Improving students’ problem-solving ability and learning motivation through problem based learning model in senior high school, Journal of Physics: Conference Series, Conf. Series 1460 (2020) 012027.
Kitchenham, B. and Charters, S. (2007) Guidelines for Performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering, Technical Report EBSE 2007-001, Keele University and Durham University Joint Report.
Md. Arta I., N Japa I, Sudarma I., (2020), Problem Based Learning Berbantuan Icebreaker Berpengaruh terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, Volume 8, Nomor 2, halaman 264-272.
National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Curriculum and Evaluation Standars for School Mathematics, United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics Inc.
Purnamasari I., Setiawan W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM), Volume 3, No. 2, 2019, pp. 207-215.
Setyaningsih R., Rahman Z., (2022), Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, Volume 11, Nomor 2, halaman1606-1619.
Sri Putri R., Suryani M., Lucky Heriyanti Jufri D., (2019), Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 8, Nomor 2, halaman 331-340.
Sukmawarti, Hidayat, Liliani O., (2022), Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Universitas Pahlawan, Jurnal Pendidikan dan Konseling, Volume 4, Nomor 4, halaman 886-894.
Suryani I., Maidiyah E., Salasi, Mardhiah MZ., (2020), Students Mathematics problem-solving skills through the application of Problem Based Learning Model, Journal of Physics: Conference Series, Conf. Series 1460 (2020) 012029.
Susilowati R., Wahyudi W., (2020), Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), Volume 8, No. 1, halaman 49-59.
Trianto, Sunarni. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta, Prestasi Pustaka.
Widyastuti R., Airlanda G., (2021), Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar, JURNAL BASICEDU, Volume 5, Nomor 3, halaman 1120-1129.
Yandhari I., Alamsyah T., Halimatusadiah D., (2019), Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Volume 10, Nomor 2, halaman 146-152.
Published
2023-12-06
How to Cite
Aditya Praja, N., & S. B. Waluya. (2023). Systeamtic Literature Review: Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning. Prosiding Seminar Nasional MIPATI, 2(1), Hal 60 - 74. Retrieved from https://jurnal.upk.ac.id/index.php/mipati/article/view/2537
Abstract viewed = 122 times
Pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 84 times