Pengembangan LKPD berbantuan Canva berbasis Problem Based Learning Pada Tema 6 di Kelas V SDN 106156 Klumpang

  • Tri Indah Sari Universitas Negeri Medan
Keywords: Pengembangan LKPD, Canva, Problem Based Learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui   Kelayakan, Praktikalitas, Efektivitas LKPD

berbantuan Canva berbasis Problem Based Learning Pada Tema 6 Subtema 1 di Kelas V SDN

106156 Klumpang, Kec. Hamparan Perak T.A 2022/2023, Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D. Hasil penelitian ini menunjukan kelayakan LKPD berbantuan Canva berbasis Problem Based Learning berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh presentase sebesar 91% dengan kriteria sangat layak dan hasil dari ahli media dengan perolehan presentase sebesar 93% dengan kriteria sangat layak. Praktikalitas LKPD berbantun Canva berbasis Problem Based Learning diperoleh melalui hasil penilaian oleh ahli praktisi dan hasil angket respon siswa, hasil yang diperoleh adalah presentase sebesar 96% dan 100% yang termasuk kedalam kategori sangat praktis. Efektivitas LKPD berbantuan Canva berbasis Problem Based Learning pada pretest memperoleh rata-rata nilai ketuntasan sebesar 9% , dan setelah dilaksanakannya pembelajaran menggunakan LKPD berbantuan Canva berbasis Problem Based Learning di peroleh rata-rata ketuntasan nilai posttest sebesar 100%, dan termasuk ke dalam kategori sangat efektif. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan LKPD berbantuan Canva berbasis Problem Based Learning sebesar 91% .Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbantuan Canva berbasis Problem Based Learning pada Tema 6 Subtema 1 di Kelas V SDN 106156 Klumpang, Kec Hamparan Perak T.A 2022/2023 layak, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

References

Arafat Lubis, Maulana dan Nasharan Azizan (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta : Kencana: Tersedia dalam iPusnas
Arikunto,S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: PT Bumi Aksara Gunawan,Imam.(2013).Metode Penelitian Kualitatif:Teori Praktik.Jakarta:PT. Bumi Akasara. Hartono,Rudi.(2013).Ragam Model Mengajar Yang Mudah Diterima Murid.Jogjakarta:DIVa
Press.

Ibnu Badar Al-Tabany,Trianto.(2014).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TKI).Jakarta:Prenadamedia Group.

Majid, Abdul.(2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Offset.

Pawestri,Elok & Maria Zulfiati, Heri.(2020).”Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II SD Muhammadiyah Danunegaran” dalam Jurnal Pendidikan ke SD-an:903-913.

Prastowo, Andi.(2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva
Press.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Saefuddin,Asis dan Ika Berdiati.(2014).Pembelajaran Efektif.Bandung:PT.Remaja
Rosdakarya.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2023-12-06
How to Cite
Sari, T. I. (2023). Pengembangan LKPD berbantuan Canva berbasis Problem Based Learning Pada Tema 6 di Kelas V SDN 106156 Klumpang. Prosiding Seminar Nasional MIPATI, 2(1), Hal 53-59. Retrieved from https://jurnal.upk.ac.id/index.php/mipati/article/view/2536
Abstract viewed = 77 times
Pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 173 times