Analisis Kebutuhan Belajar Siswa dengan Media Komik dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi

  • Jayanti Putri Purwaningrum Universitas Muria Kudus
  • Nur Aini Safitri Universitas Muria Kudus
  • Adella Harlifna Putri Universitas Muria Kudus
  • Zulhana Munfarikha Universitas Muria Kudus
Keywords: Kemampuan literasi dan numerasi, Komik, Hasil Belajar

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang wajib dipelajari sejak sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Dalam penerapannya, siswa tidak hanya dituntut untuk dapat melakukan perhitungan saja, tetapi juga harus memiliki kemampuan berpikir kritis dan logis sebagai upaya dalam pemecahan suatu masalah. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis kebutuhan belajar siswa dengan media komik sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD 4 Cendono Kudus dengan jumlah siswa 12 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Angket dilakukan untuk mengetahui kemampuan literasi dan numerasi. Dari pengisian angket yang telah dilakukan,  menunjukkan  bahwa  kemampuan  literasi  dan  numerasi  siswa  masih  rendah. Sedangkan hasil wawancara menunjukkan bahwa minat belajar siswa bisa maksimal jika didukung dengan media pembelajaran yang tepat seperti komik, sehingga pembelajaran dikelas menjadi lebih menyenangkan dan siswa lebih mudah memahami materi. Dari penelitian ini dapat ditarik  kesimpulan bahwa  media pembelajaran  seperti  buku  komik  sangat  diperlukan  untuk membantu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Selain itu dengan adanya media komik, diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan

References

Aan Putra, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran
Matematika. MATHEMA JOURNAL, Vol 3 (1).

Dhina Cahya Rohim, S. R. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan
Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 60.

Dyah retno kusumawardani, W. K. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika (hal. 588). Semarang: Journal Unnes.

Khoirina Muqtafia, E. N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pelajaran Matematika untuk Mengembangkan Kemampuan Numerasi dalam AKM. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT), 24.

Mochamad Guntur, S. S. (2023). Pengembangan Komik Sebagai Media Belajar Matematika Di
Sekolah Dasar. JKPD: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, Vol 8 No 1.

Natalia Sipayung, S. D. (2023). The Effect Of Comic-Based Realistic Mathematics Approach on Improving Skill of Students Concept Understanding. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 88.

Samsiyah, S. (2022). Analisis pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi untukmeningkatkan literasi numerasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 1 No 2.
Umar, A. W. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Akademik Siswa Sekolah Dasar di Daerah Pinggiran. Jurnal Educatio (hal. 460). Majalengka: Universitas Majalengka.

Verra Arischa Kustantina, N. N. (2021). Analisis Kebutuhan Komik Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi dan Motivasi Belajar Siswa. KOPEN: Konferensi Pendidikan Masional, 203.
Published
2023-12-06
How to Cite
Purwaningrum, J. P., Safitri, N. A., Harlifna Putri, A., & Munfarikha, Z. (2023). Analisis Kebutuhan Belajar Siswa dengan Media Komik dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi. Prosiding Seminar Nasional MIPATI, 2(1), Hal 32 - 39. Retrieved from https://jurnal.upk.ac.id/index.php/mipati/article/view/2534
Abstract viewed = 79 times
Pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 108 times