ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU MATEMATIKA SMA NEGERI 1 JOMBANG DITINJAU DARI GENDER

  • Novita Febrianti Universitas PGRI Jombang
  • Umi Wasita Universitas PGRI Jombang
  • Jumaida Universitas PGRI Jombang
  • Edy Setiyo Utomo Universitas PGRI Jombang
Keywords: guru matematika, gender perempuan, pedagogical content knowledge

Abstract

Gender dapat berpengaruh pada kemampuan pedagogical content knowledge guru matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pedagogical content knowledge guru matematika berdasarkan gender. Dalam mendeskripsikan pedagogical contect knowledge (PCK) guru matematika SMAN di kabupaten Jombang pada materi SPLTV. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek terdiri dari satu guru perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara,  dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran matematika dengan baik, menerapkan model-model pembelajaran  yang ada untuk peserta didik, serta telah melakukan penilaian sesuai dengan aspek penilaian kurikulum merdeka. Guru kurang dalam penggunaan alat peraga saat pembelajaaran matematika. Guru perempuan aktif pada saat pelaksanaan pembelajaran. Guru perempuan juga paham mengenai materi yang ada dalam Kurikulum Merdeka. Hal ini dibuktikan dengan tingkat pemahaman dan kemampuan siswa.

References

Diana PN, Mampouw HL. Deskripsi Pedagogical Content Knowledge Guru Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. J Cendekia J Pendidik Mat. 2019;3(1):47–57. doi:10.31004/cendekia.v3i1.81

Nur’aini KD, Pagiling SL. Analisis Pedagogical Content Knowledge Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Ditinjau Dari Segi Gender. AKSIOMA J Progr Stud Pendidik Mat. 2020;9(4):1036. doi:10.24127/ajpm.v9i4.3171

Arsyadani DK. Peran Guru Dalam Sosialisasi Kesetaraan Gender Pada Siswa Sd Negeri
Tirtoyoso 1 Semarang. Published online 2011:75.

Iswadi, Karlina E. Kontribusi Gender Dan Kreativitas Terhadap Efektivitas Mengajar Di Masa
Pandemi Covid-19. Res Dev J Educ. 2021;7(2):483–492.

Liestyasari SI. Sensitivitas Gender Guru Sekolah Dasar. J Soc Media. 2017;1(2):63.


Syam, H., & Herawati, D. (2012). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE RESITASI. In Suara Intelektual Gaya Matematika) (Vol. 4, Issue 1).

Purwiningsih, W. (2006). PENGETAHUAN KONTEN PEDAGOGI (PCK) DAN URGENSINYA DALAM PENDIDIKAN GURU Widi.

Nugroho, Riant. Gender dan Strategi Pengarus-Utamanya di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Hapsari, N., Abidin, Z., & Arip, A. G. (2022). Analisis Faktor Jenis Kelamin, Usia dan Lama Bekerja Terhadap Kemampuan TPACK Guru IPA SMP di Kota Cirebon. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 14(2), 113–123. https://doi.org/10.25134/quagga.v14i2.4942

Prihadi A. Study Program of English Language Education Pengaruh Gender pada
Pembelajaran Model Simulasi Berbasis Komputer terhadap Motivasi Siswa kehidupan .
Sektor pendidikan sering pula dihubungkaitkan dengan gender dan mempengaruhi motivasi , dimana motivasi siswa wanita lebih baik dari siswa pria , yang digunakan guru dalam upaya membantu siswa dalam proses penyerapan belajar , dikarenakan pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan . pembelajaran geografi yang ;;;dapat dihubungkan dan mengaitkan unsur lingkungan. :108–119.
Published
2023-12-06
How to Cite
Febrianti, N., Wasita, U., Jumaida, & Setiyo Utomo, E. (2023). ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU MATEMATIKA SMA NEGERI 1 JOMBANG DITINJAU DARI GENDER. Prosiding Seminar Nasional MIPATI, 2(1), Hal 19 - 31. Retrieved from https://jurnal.upk.ac.id/index.php/mipati/article/view/2532
Abstract viewed = 35 times
Pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 35 times

Most read articles by the same author(s)