Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) terintegrasi keislaman pada materi teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP

Development of student worksheets (LKPD) integrated with islam on pythagoras theorem material for class VIII SMP students

  • Ike Kristanti Universitas PGRI Silampari
  • Viktor Pandra Universitas PGRI Silampari
  • Dodik Mulyono Universitas PGRI Silampari
Keywords: lembar kerja peserta didik, terintegrasi keislaman, teorema Pythagoras

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah guna menguraikan kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terintegrasi Keislaman Pada Materi Teorema Pythagoras untuk Kelas VIII SMP. Penelitian yang dipergunakan adalah R&D dengan mempergunakan model 4D (define, design, development, dan dissemination). Teknik penghimpunan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Ma’arif Syifa’ul Janan yang berjumlah 6 siswa untuk uji kelompok kecil (small group). Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan menunjukkan asil penelitian memperlihatkan berdasarkan uji validitas, LKPD terintegrasi Keislaman dinyatakan valid dengan persentase validator media 0,93%, validator bahasa 0,80% dan validator materi 0,67%. Hasil keseluruhan uji validitas LKPD terintegrasi Keislaman dinyatakan valid dengan persentase 0,80%. Hasil uji praktikalitas pada guru dan kelompok kecil (small group) diperoleh bahwa LKPD terintegrasi Keislaman diterangkan sangat praktis 84,09%. Hasil Uji keefektifan 79,17%. Dengan demikian disimpulkan LKPD valid, praktis, serta memiliki efek potensial.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ike Kristanti, Universitas PGRI Silampari

Jl. Mayor Toha, Air Kuti, Kec. Lubuk Linggau Tim. I, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan 31625

Viktor Pandra, Universitas PGRI Silampari

Jl. Mayor Toha, Air Kuti, Kec. Lubuk Linggau Tim. I, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan 31625

Dodik Mulyono, Universitas PGRI Silampari

Jl. Mayor Toha, Air Kuti, Kec. Lubuk Linggau Tim. I, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan 31625

References

Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Konteks Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.729

Astari, T. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Pelangi, 9(2), 150–160. https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.2050

Desmaniati, E., & Fitriza, R. (2019). Praktikalitas Perangkat Pembelajaran Transformasi Geometri Berbasis Flipped Classroom pada Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Padang. Math Educa Journal, 3(1), 1–12. http://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/matheduca

Dila, O. R., & Zanthy, L. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 17–26. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3036

Fitriah, N., Sahrodi, J., & Muchyidin, A. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Matematika Berintegrasi Keislaman dalam Meningkatkan Karakter Demokrasi Siswa. EduMa, 4(2), 88–104.

Fitriyani, D., & Kania, N. (2019). Integrasi Nilai-nilai Keislaman dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA “Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal Pada Era Revolusi Industri 4.0,” 346–352.

Fitriyani, W., & Sugiman, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teorema Pythagoras dengan Pendekatan Ideal Berbantuan Geogebra. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 268–283.

Friansyah, D., & Luthfiana, M. (2018). Desain Lembar Kerja Siswa Materi Sistem Persamaan Dua Variabel Berorientasi Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(2), 83–92. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.322

Norsanty, U. O., & Chairani, Z. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Lingkaran Berbasis Pembelajaran Guided Discovery Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12–23.

Nurhandayani, E. F., Mulyono, D., & Yanto, Y. (2022). Pengembangan E-Modul Matematika Materi Barisan dan Deret dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 5(2), 126–137. https://doi.org/10.31539/judika.v5i2.4588

Pandra, V. (2016). Efektivitas Pembelajaran Problem Solving Dalam Pembelajaran Teorema Phytagoras Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau. Jurnal Perspektif Pendidikan, 10(2), 59–70.

Silvatama, M. A., Kamila, N. N., Wijayanto, A., Sari, E., & Kholil, M. (2023). Penguatan Sikap Religius Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Bermuatan Nilai Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 211–221. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.135

Sriwijayanti, R. P., Qomariyah, R. S., & Nurma, I. F. (2020). Pengembangan Media Adobe Flash Berbasis Pakem di Sekolah Dasar. Pedagogy, 7(2), 92–105.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatuf Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana Univ., Bloomington.

Wulandari, K. A., & Khaerunnisa, K. (2020). Pengembangan Media Papan Dart Budaya Indonesia bagi Penutur Asing Tingkat Madya B1. PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia , 79–88.

Yupinus, L., Ichsan, I., & Ardiawan, Y. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Pokok Bahasan Tabung untuk SMP Negeri 2 Nanga Taman Kelas IX. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(1), 61–72. https://doi.org/10.21580/square.2020.2.1.5380

Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau dari Latar Belakang Pilihan Jurusan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Di STKIP Siliwangi Bandung. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(1), 1–7.

Published
2024-04-30
How to Cite
Kristanti, I., Pandra, V., & Mulyono, D. (2024). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) terintegrasi keislaman pada materi teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 93-101. https://doi.org/10.33654/math.v10i1.2691
Abstract viewed = 69 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 41 times