Pengaruh model pembelajaran problem-based learning terhadap keterampilan berpikir kritis matematis siswa pada materi bilangan

Impact of Problem-Based Learning Models Faced with Critical Mathematical Thingking in Schools in the Eyes of Learning Numbers

  • Yuli Lestari Universitas Labuhanbatu
  • Eva Julyanti Universitas Labuhanbatu
  • Nurlina Ariani Harahap Universitas Labuhanbatu
Keywords: problem-based learning, keterampilan berpikir kritis matematis

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk menentukan apakah pendekatan pembelajaran berbasis masalah memiliki dampak pada kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pangkatan sehubungan dengan bentuk angka. Di SMPN 1 Pangkatan, yang berlokasi di Jl. Kampung Padang Desa Pendidikan, penelitian ini dilakukan. Studi ini menggunakan teknik sampel acak dasar untuk mengumpulkan data, dan ditemukan bahwa kelas VII-2 diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, sementara kelas VII-3, yang terdiri dari 26 siswa, diajarkan dengan menggunakan model belajar langsung. Pemeriksaan berbasis esai dari kemampuan berpikir kritis siswa ini menggunakan desain kelompok kontrol pretest dan posttest. Selain itu, normalitas, homogenitas, hipotesis dan analisis data deskriptif digunakan dalam teknik analisis data. Nilai rata-rata kelas eksperimen setelah tes adalah 86,27, sedangkan nilai tengah kelas kontrol adalah 76,15. Ini menunjukkan bahwa skor rata-rata untuk kedua kelas berbeda dengan 10,12. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa siswa di kelas eksperimen memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dari pada siswa di kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yuli Lestari, Universitas Labuhanbatu

Jl. Sisingamangaraja No. 126-A KM 3,5 Rantauprapat, Sumatera Utara, Indonesia

Eva Julyanti, Universitas Labuhanbatu

Jl. Sisingamangaraja No. 126-A KM 3,5 Rantauprapat, Sumatera Utara, Indonesia

Nurlina Ariani Harahap, Universitas Labuhanbatu

Jl. Sisingamangaraja No. 126-A KM 3,5 Rantauprapat, Sumatera Utara, Indonesia

References

Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 6(1), 17–23. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10776

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. http://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/index

Ginting, M. C., & Silitonga, I. M. (2019). Pengaruh Pendanaan dari Luar Perusahaan dan Modal Sendiri terhadap Tingkat Profitabilitas pada Perusahaan Property and Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, 5(2), 195–204. http://ejournal.lmiimedan.net

Juliyantika, T., & Batubara, H. H. (2022). Tren Penelitian Keterampilan Berpikir Kritis pada Jurnal Pendidikan Dasar di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(3), 4731–4744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2869

Khasanah, A. N., & Rusijono, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Pola Bilangan pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Taman Pelajar Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2), 1–10.

Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. D. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.31949/jee.v6i1

Marhamah, I., Yahdi, Y., & Hajaroh, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. SPIN, 2(1), 68–82.

Nikmawati, N. (2021). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Project di SMK Dr. Wahidin Sawahan Nganjuk [Magister Thesis]. IAIN Kediri.

Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019, 306–319.

Nurlaeli, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. Tsaqofah: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(1), 23–30. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/tsaqofah

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Pramudita, N. M., & Manoy, J. T. (2016). Penerapan Problem Based Learning (PBL) pada Materi Bilangan Bulat. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 53–58.

Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74–87. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078

Radeswandri, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Bilangan Bulat. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 2(2), 101–110.

Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94.

Rosy, B., & Pahlevi, T. (2015). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Memecahkan Masalah. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015, 160, 160–175.

Suleman, M., Ismail, Y., Machmud, T., & Majid, M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model PBL dengan Berbantuan Multimedia Interaktif pada Materi Luas dan Volume Kubus dan Balok. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(2), 4960–5974.

Sundari, H. (2015). Model-model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua/ Asing. Jurnal Pujangga, 1(2), 106–117.

Suryani, I., Harjono, A., & Khair, B. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Miniatur Rumah Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Rangkaian Listrik di SDN 2 Sape. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3), 126–135. https://jurnal.educ3.org/index.php

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Jurnal Mosharafa, 7(1), 51–62. http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa

Published
2024-03-21
How to Cite
Lestari, Y., Julyanti, E., & Harahap, N. A. (2024). Pengaruh model pembelajaran problem-based learning terhadap keterampilan berpikir kritis matematis siswa pada materi bilangan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 61-70. https://doi.org/10.33654/math.v10i1.2662
Abstract viewed = 81 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 81 times