Pengaruh model pembelajaran problem-solving terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linier dua variabel

The influence of the problem-solving learning model on students' ability to understand concepts in solving mathematics story problems material systems of linear equations with two variables

  • Windi Listiana Universitas Labuhanbatu
  • Laili Habibah Pasaribu Universitas Labuhanbatu
  • Eva Julyanti Universitas Labuhanbatu
Keywords: pembelajaran problem-solving, pemahaman konsep, soal cerita matematika

Abstract

Pemahaman konsep adalah hal yang fundamental dalam pembelajaran matematika. Data yang dikumpulkan di SMP N 1 Bilah Hilir memperlihatkan bahwa kebanyakan. siswa tidak memahami konsep pada soal cerita matematika. Diperlukan pembelajaran yang berpengaruh untuk mendukung pemahaman konsep siswa, yaitu melalui model pembelajaran problem-solving. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem-solving terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linier dua variabelPenelitian ini berjenis kuasi eksperimen dengan desain The One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-4 di SMP N 1 Bilah Hilir yang berjumlah 29 siswa. Bentuk tes uraian diterapkan pada penelitian ini sebagai instrumen penelitian untuk menguji kemampuan siswa mengenai pemahaman konsep . Teknik analisis data dibantu menggunakan SPSS versi 29 dengan teknik Uji-T yaitu Paired Sample T-Test. Hasil dari proses analisis data membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan penerapan model pembelajaran  problem-solving terhadap pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linier dua variabel.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Windi Listiana, Universitas Labuhanbatu

Jalan S. M. Raja No 126 A, Aek Tapa, Rantauprapat

Laili Habibah Pasaribu, Universitas Labuhanbatu

Jalan S. M. Raja No 126 A, Aek Tapa, Rantauprapat

Eva Julyanti, Universitas Labuhanbatu

Jl. Sisingamangaraja No 126-A KM 3,5, Rantauprapat, Sumatera Utara, Indonesia

References

Alfiana, F. (2015). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Binangun Pada Materi Bilangan Bulat [Undergraduated Thesis]. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Astuti. (2016). Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP / Mts di Kecamatan Prembun. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 2 (2), 65–75.

Bey & Asriani. (2013). Penerapan Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (3), 224–239.

Cahani, K., Effendi, K. N. S., & Munandar, D. R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau dari Konsentrasi Belajar pada Materi Statistika Dasar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 215–224. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.215-224

Farida, N., Sesanti, N. R., & Ferdiana, R. D. (2019). Tingkat Pemahaman Konsep dan Kemampuan Mengajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kajian dan Pengembangan Matematika Sekolah 2. MUST: Journal of Mathematics Education, Science, and Technology, 4(2), 135–146.

Heruman. (2017). Model Pembelajaran Matematika di sekolah dasar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Imamah & Haqiqi. (2022). Efektivitas Penerapan Model Contextual Teaching and Learningterhadap Pemahaman Konsep Matematis pada Materi SPLDV. Circle : Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2), 102–114. https://doi.org/https://doi.org/10.28918/circle.v2i2.519

Irmayanti, I., Rohani, R., Pasaribu, L. H., Rahma, I. F., & Nazliah, R. (2020). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Numeracy, 7(2), 240–254.

Janawi. (2013). Metodologi dan Pendekatan Pembelajaran. Ombak.

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Jihad & Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Khairunnisa, A., Gozali, S. M., & Juandi, D. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846–1856.

Khasanah, U., & Sutama, S. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMS 2015, 79–89.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431–440.

Misbahayati. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Generatif terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SDN 43 Rejang Lebong. Jurnal Equation, 3(2), 194–205. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/equation.v3i2.3575

Refiyeti, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Pembelajaran Geogebra terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMPN 9 Bandar Lampung [Undergraduated Thesis]. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sadiqin, I. K., Santoso, U. T., & Sholahuddin, A. (2017). Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP Melalui Pembelajaran Problem Solving pada Topik Perubahan Benda-benda di Sekitar Kita. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 52–62. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.12554

Sahfitri, I., Hrp, N. A., Pasaribu, L. H., Harahap, A., Melinda, M., Romadhoni, D., & Sagala, P. R. B. (2021). Pelatihan Penerapan Metode Open-Ended untuk Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa di SMP Negeri 1 Kotapinang. Ika Bina En Pabolo: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 115–121.

Salamah, N. I., & Arifin, Z. (2019). Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Soal Cerita Materi Volume Balok Siswa Kelas V MI An-Nashriyah Lasem Rembang. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 154–170.

Sitanggang, E. M. (2018). Penerapan Model Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2017/2018 [Undergraduated Thesis]. Universitas HKBP Nommensen.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Susilawati, T. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pola Berpikir Divergen [Undergraduated Thesis]. Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin.

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif dan Konstektual. (Kencana, Ed.).

Zerpa, C., Kajander, A., & Van Barneveld, C. (2009). Factors That Impact Preservice Teachers’ Growth in Conceptual Mathematical Knowledge During a Mathematics Methods Course. International Electronic Journal of Mathematics Education, 4(2), 57–76. www.iejme.com

Published
2024-02-05
How to Cite
Listiana, W., Pasaribu, L. H., & Julyanti, E. (2024). Pengaruh model pembelajaran problem-solving terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linier dua variabel. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 25-35. https://doi.org/10.33654/math.v10i1.2556
Abstract viewed = 134 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 77 times