Efektivitas model pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR) dalam meningkatkan kemampuan spasial matematika siswa

The effectiveness of auditory intellectually repetition learning model in improving students' mathematical spatial abilities

  • Nur Izzatul Kharisma UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Siti Lailiyah UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Auditory Intellectually Repetition (AIR), geometri, kemampuan spasial matematika siswa

Abstract

Tujuan penelitian yaitu menjelaskan penerapan pembelajaran, aktivitas siswa, dan menilai efektivitas model AIR untuk menunjang peningkatan kemampuan spasial matematika siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Subjeknya yaitu kelas VIII-D UPT SMPN 10 Gresik. Lembar observasi dan pretest-posttest merupakan instrumen penelitian. Materi yang diujikan pada tes adalah bangun ruang yang memuat 3 soal uraian berbeda. Data dianalisis menggunakan uji T dan uji Gain dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian memperlihatkan jika keterlaksanaan pembelajaran yang dilangsungkan dalam dua pertemuan terkategori sangat baik di mana nilainya sama yaitu besarnya 3,74 atau 93,5%. Aktivitas siswa terkategori aktif, dengan nilai sebesar 64,27% dan 65,32%. Nilai rata-rata kemampuan spasial matematika siswa mengalami peningkatan yang awalnya memiliki nilai 32,7645 menjadi 61,7087. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi , sehingga  diterima. Hasil uji gain normal besarnya 0,4305 sehingga meningkatnya kemampuan spasial matematika siswa dikategorikan sedang. Maka model pembelajaran AIR dikatakan efektif dalam menunjang peningkatan kemampuan spasial matematika siswa. Dengan demikian, model pembelajaran AIR bisa diimplementasikan dalam menunjang kemampuan spasial matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nur Izzatul Kharisma, UIN Sunan Ampel Surabaya

Jl. Ahmad Yani No.117, Jemur Wonosari, Kec. Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur 60237

Siti Lailiyah, UIN Sunan Ampel Surabaya

Jl. Ahmad Yani No.117, Jemur Wonosari, Kec. Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur 60237

References

Achdiyat, M., & Utomo, R. (2017). Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, Dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 7(3), 234–245.

Adam, M. B., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Kemampuan Spasial Siswa Kelas IX dalam Menyelesaikan Soal TIMSS pada Materi Geometri. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 749–753.

Agustiana, E., Putra, F. G., & Farida, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1905

Arcat. (2014). Peningkatkan Kemampuan Spasial Siswa SMP melalui Model Kooperatif STAD Berbantuan Wingeom. Jurnal Ilmiah Edu Research, 3(1), 68–73.

Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59–73. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.32135

Ariska, M., Fuaddunazmi, M., & Habibi, H. (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Air (Auditory Intellectually Repetition ) Dengan Metodedemonstrasi Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 4(2), 62–65. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v4i2.91

Asih, N. P. A. G., Ardana, I. K., & Ganing, N. N. (2020). Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Berbantuan Media Audio Visual Berpengaruh terhadap Peningkatan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 411–421.

Bonatua, D. S., Mulyono, D., & Febriandi, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3850–3857. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1462

Dahlan, J. A. (2014). Analisis Kurikulum Matematika. In Modul Pengembangan Kurikulum. Universitas Terbuka Jakarta.

Fitri, S., & Utomo, R. B. (2016). Pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition terhadap kemampuan pemahaman konsep di SMP Pustek Serpong. Jurnal E-DuMath, 2(2), 193–201.

Haas, S. C. (2003). Algebra for Gifted Visual-Spatial Learners. Gifted Education Communicator, 34(1), 30–43.

Hibatullah, I. N., Susanto, S., & Monalisa, L. A. (2020). Profil Kemampuan Spasial Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Florence Littauer. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 115–124. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.115-124

Hutagalung, A., & Harahap, M. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penggunaan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) di SMP NEGERI 1 PINANGSORI. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(1), 15–23.

Inayah, S., & Sugiarni, R. (2019). Pengaruh Kemampuan Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 130–142. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i2.728

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama.

Nasution, E. Y. P. (2017). Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Pembelajaran Geometri Berbantuan Cabri 3D. MATHLINE: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 179–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v2i2.45

Okta, Murjainah, & Harapan, E. (2019). Aktivitas Belajar Siswa Pada Praktikum Penginderaan Jauh Di SMA. JURNAL GEOGRAFI Geografi Dan Pengajarannya, 17(2), 15–24. https://doi.org/10.26740/jggp.v17n2.p15-24

Pak, R., Czaja, S. J., Sharit, J., Rogers, W. A., & Fisk, A. D. (2006). The role of spatial abilities and age in performance in an auditory computer navigation task. Computers in Human Behavior, 24(6), 3045–3051. https://doi.org/10.1016/j.chb.2008.05.010.The

Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810

Rupiassa, S. N., Palinussa, A. L., & Tamalene, H. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajarkan dengan Menggunakan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) dan Model Pembelajaran Konvensional pada Materi Perbandingan Trigonometri di Kelas X IIS SMA Xaverius Ambon. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 1, 25–32.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(02), 112–122. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Siswanto, R. D., & Kusumah, Y. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Geometri Spasial Siswa Smp Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Geogebra. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 42–51. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1196

Sugiarni, R., Alghifari, E., & Ifanda, A. R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Siswa Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 93–102. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no1.2018pp93-102

Sugiyono. (2001). Metode Penelitian. CV Alfa Beta.

Suherman, E. (2001). Common Text Book: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA UPI.

Syahputra, E. (2013). Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 353–364. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.1624

Tran, V. D. (2014). The Effects of Cooperative Learning on the Academic Achievement and Knowledge Retention. International Journal of Higher Education, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.5430/ijhe.v3n2p131

Tyawati, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil belajar PKN Pada Peserta Didik Kelas VA SD Negeri 256 Palembang. Js (Jurnal Sekolah), 5(1), 89–95. https://doi.org/10.24114/js.v5i1.22715

Widodo, A. N. A., Sujadi, I., & Mardiyana. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kesebangunan Berdasarkan Prosedur Newman Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 7(1), 13–20.

Wijayanto, B., Sutriani, W., & Luthfi, F. (2020). Kemampuan Berpikir Spasial dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Samudra Geografi, 3(2), 42–50. https://doi.org/10.33059/jsg.v3i2.2495

Zainiyah, L. (2016). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas VIII SMP YPM 3 Taman [Undergraduate Thesis]. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Published
2024-05-16
How to Cite
Kharisma, N. I., & Lailiyah, S. (2024). Efektivitas model pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR) dalam meningkatkan kemampuan spasial matematika siswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 142-158. https://doi.org/10.33654/math.v10i1.2425
Abstract viewed = 35 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 20 times