Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Sebagai Implementasi Manajemen Strategik Lembaga Pendidikan Islam Era Digital

  • Dendys Darmawan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Indonesia
  • Chusnul Chotimah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Indonesia
Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah, Lembaga Pendidikan Islam, Era Digital

Abstract

Setiap lembaga pendidikan, tak terkecuali lembaga pendidikan Islam, pasti menginginkan lembaganya mampu mencapai visi dan tujuan, tetap eksis, bertumbuh, dan berkembang mengikuti perkembangan zaman, khususnya di era digital dengan segala sisi positif dan tantangannya. Implementasi manajemen strategik oleh lembaga pendikan Islam yang diwujudkan melalui Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) diharapkan dapat menjadi salah satu pilihan utama dalam menjawab tantangan di atas. Tulisan ini dikembangkan melalui studi kepustakaan (library research) dengan mengumpulkan, menganalisis, mengorganisir, serta mengambil kesimpulan dari sumber artikel jurnal, makalah, buku, serta penelitian terdahulu tentang Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), implementasi manajemen strategik, dan perkembangan era digital dalam dunia pendidikan. Berdasarkan kajian tersebut, didapati bahwa lembaga pendidikan Islam dengan segala kekhasan dan karakteristik yang dimiliki, dapat menggunakan MBS sebagai implementasi manajemen strategik pada era digital saat ini guna mencapat visi dan tujuan lembaga. Tulisan ini menyarankan, khusunya kepada pemangku kebijakan lembaga pendidikan Islam, agar menerapkan konsep MBS melalui prinsip partisipatif seluruh stake holder, keterbukaan pengelolaan, dan memaksimalkan seluruh potensi yang dimiliki.

Published
2023-11-10
How to Cite
Darmawan, D., & Chotimah, C. (2023). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Sebagai Implementasi Manajemen Strategik Lembaga Pendidikan Islam Era Digital. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 18(2), 36 - 53. https://doi.org/10.33654/jpl.v18i2.2672
Section
Articles
Abstract viewed = 48 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 39 times