PENINGKATAN MENULIS HURUF SAMBUNG SISWA TUNARUNGU DENGAN METODE MATERNAL REFLEKTIF
Kata Kunci:
Menulis Permulaan, Huruf Tegak Bersambung, Tunarungu, Maternal ReflektifAbstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas siswa dan guru, serta hasil belajar siswa dalam peningkatan kemampuan menulis permulaan huruf tegak bersambung pada siswa tunarungu kelas II SDLB B/C Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalimantan Selatan menggunakan Metode Maternal Reflektif. Penelitian tindakan kelas kuantitatif ini mengadopsi model Kemmis dan Mc Taggart, melalui tahapan rencana, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa tunarungu kelas II. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan rekaman video, dengan peneliti sebagai participant observer. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta soal tes hasil belajar dengan KKM 50 dan ketuntasan klasikal 80%. Analisis data menggunakan Model Analisis Data Mengalir. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan: (1) Aktivitas guru menunjukkan kenaikan positif dari siklus I ke siklus II, mencapai kategori "sangat baik," menandakan keberhasilan guru dalam menguasai pembelajaran. (2) Aktivitas siswa juga progresif positif dengan kategori "sangat baik" pada siklus I dan II, membuktikan kemampuan guru dalam menjelaskan dan mencontohkan, serta penguasaan siswa terhadap materi. (3) Hasil belajar siswa meningkat drastis. Pada tes awal, hanya 40% siswa mencapai KKM. Pada siklus I, ketuntasan mencapai 80% dengan rata-rata 68, dan pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan rata-rata 76. Dengan demikian, hipotesis penelitian bahwa metode maternal reflektif dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan huruf tegak bersambung siswa tunarungu dinyatakan terbukti.