Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah PAUD
Kata Kunci:
Kepemimpinan Transformasional, Perilaku Organisasi, Kinerja PAUD, Pendidikan Anak Usia Dini, Kalimantan SelatanAbstrak
Kinerja lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat bergantung pada kualitas kepemimpinan dan perilaku organisasi yang berkembang di dalamnya. Namun, di banyak daerah, termasuk Kalimantan Selatan, berbagai tantangan seperti keterbatasan sumber daya manusia, akses pelatihan, dan kondisi geografis sering kali menghambat optimalisasi layanan PAUD. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi kepemimpinan transformasional dan perilaku organisasi dalam meningkatkan kinerja lembaga PAUD melalui pendekatan studi kepustakaan. Sumber data berasal dari jurnal ilmiah, buku teori kepemimpinan dan organisasi, dokumen kebijakan, serta hasil penelitian terdahulu yang relevan. Analisis dilakukan dengan teknik analisis isi untuk menemukan hubungan konseptual antara variabel-variabel tersebut. Hasil kajian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional yang ditandai dengan pengaruh ideal, motivasi inspiratif, stimulasi intelektual, dan perhatian individual mampu membentuk iklim kerja yang sehat dan kolaboratif. Perilaku organisasi yang positif, seperti komunikasi terbuka, kerja sama tim, dan loyalitas terhadap visi lembaga, berperan dalam meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan kerja guru PAUD. Di Kalimantan Selatan, implementasi kedua faktor ini terbukti relevan dalam konteks sosial-budaya yang khas dan dapat menjadi strategi efektif untuk peningkatan mutu PAUD. Simpulan dari kajian ini menekankan pentingnya pelatihan kepemimpinan kontekstual dan penguatan budaya organisasi sebagai upaya sistematis untuk meningkatkan kinerja dan keberlanjutan layanan pendidikan anak usia dini.