PEMBERDAYAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SD MELALUI IMPLEMENTASI KELAS TAHFIDZ AL-QUR'AN: MODEL PENGABDIAN MASYARAKAT DI SDN 3 SUNGAI ULIN
Keywords:
Tahfidz Al-Qur’an, Pendidikan Karakter, Pengabdian Kepada Masyarakat, Sekolah Dasar, Karakter ReligiusAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan kelas Tahfidz Al-Qur’an sebagai sarana penguatan pendidikan karakter religius pada peserta didik di SD Negeri 3 Sungai Ulin. Pelaksanaan kegiatan meliputi pelatihan guru, pendampingan proses belajar mengajar di kelas Tahfidz, serta sosialisasi kepada orang tua dan komunitas sekolah. Metode pengabdian dilakukan dengan pendekatan partisipatif dan kolaboratif agar tercipta suasana pembelajaran efektif dan berkelanjutan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kesadaran dan penguatan karakter religius peserta didik yang didukung oleh peran aktif guru dan dukungan orang tua. Kegiatan ini memberikan model praktis pengabdian masyarakat yang dapat diadopsi di sekolah lain dalam rangka memperkuat pendidikan karakter berbasis agama. Dengan demikian, program ini memiliki potensi dampak positif langsung bagi pengembangan kualitas pendidikan dan karakter anak-anak di lingkungan sekolah dasar.